Belajar Mengenai Saham dari Reksadana Saham

Tanya Nabila - Investasi sebaiknya dilakukan dalam jangka waktu panjang untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Di dalam dunia investasi, reksadana saham dianggap sangat menjanjikan, walaupun jenis investasi ini dikenal dengan prinsip high risk high return. Return and risk atau untung dan rugi merupakan unsur yang saling berkaitan dalam reksadana saham. 

Memahami untung dan rugi sangatlah penting untuk mendapatkan hasil maksimal dalam investasi reksadana saham. Resiko reksadana saham terbilang tinggi jika dibandingkan dengan reksadana lainnya.

Reksadana saham memang menawarkan keuntungan yang tinggi, tapi dibalik itu terdapat kerugian yang cukup tinggi mengingat fluktuasi yang tidak bisa diprediksi. Angka keuntungan dan kerugiannya bisa naik turun kapan saja dengan tajam. Hal ini tidak akan menjadi penghalang bagi kamu yang akan berinvestasi reksadana saham

Sebagai investor, kamu tidak bisa melihat hanya dari satu sisi, harus memperhitungkan secara matang dan menyeluruh antara untung dan rugi. Apabila kamu sudah terbiasa dengan resiko reksadana saham, tentunya kamu mempunyai cara tersendiri untuk menghindari kerugian dengan kesabaran dan ketekunan dalam berinvestasi, mampu menghadapi dan mengelola resikonya tentunya akan membuat keuntungan yang berlipat. 

Tingkat resiko yang membuat banyak orang berpikir bahwa bermain saham hanya bagi para investor professional, adalah tidak sepenuhnya benar. Reksadana saham dapat menjawab kegelisahan para pemula, dimana di satu sisi banyak yang ingin mencoba masuk ke bisnis saham. 

Di sisi lainnya mereka khawatir akan resiko yang tinggi. Para pemula di dunia investasi saham tidak perlu khawatir dengan resiko kehilangan dana karena salah strategi dan salah prediksi. Reksadana saham menawarkan kemudahan bagi kamu yang ingin belajar investasi reksadana saham. 

Sebagai pemula, penting sekali untuk memahami mekanisme dasar investasi reksadana saham yang akan membantu para investor pemula. Kalau kamu sudah mendapatkan profile perusahaan-perusahaan yang memiliki kinerja baik, kamu bisa lebih yakin untuk menginvestasikan dana yang kamu punya. 

Reksadana saham adalah akan mengajarkan kamu bermain saham sendiri tanpa bantuan Manajer Investasi. Namun ada tiga hal mendasar yang perlu kamu ketahui saat memutuskan berinvestasi reksadana saham:

Perbandingan

Bila tertarik dengan beberapa prospektus, kamu harus membandingkan secara cermat terlebih dahulu. Prospektus adalah dokumen yang memuat informasi mengenai rencana pengembangan sebuah perusahaan, termasuk tentang penjualan saham. 

Performa

Kamu harus memperhatikan performa reksadana saham periode sebelumnya. Amati apakah kinerjanya selalu konsisten berada di atas performa indeks pasar, yaitu daftar berisi harga saham. Daftar ini memuat indikator pergerakan harian harga saham setiap perusahaan di Bursa Efek. 

Pergerakan

Memperkirakan pergerakan ekonomi di masa mendatang cukup menantang dan sulit. Kamu perlu mempertimbangkan banyak faktor untuk memprediksi, dimana kejelian dalam menganalisa informasi sangat dibutuhkan. 

Cara memulai investasi reksadana saham dapat kamu lakukan melalui platform online dan digibank reksadana menyediakan pilihan menyediakan sajian lengkap investasi ala rumah makan padang. Kamu tinggal mengisi data dengan lengkap dan menyediakan dana investasi untuk membeli unit reksadana saham. 

Aplikasi digibank reksadana kamu bisa melakukan beli, jual dan switch hanya dalam satu aplikasi. Pembelian pun dapat dilakukan secara berkala dan flexible. Kamu tidak perlu khawatir mengenai keamanan digibank reksadana karena prosesnya 100% digital di bank teraman Asia yaitu DBS, Selain itu pada reksadana saham di digibank reksadana berkinerja terbaik, terpopuler dan scoring terbaik. 

Ketika kamu semakin mahir dalam berinvestasi dan intuisi semakin tajam, menaikan level cara berinvestasi kamu dengan berbagai produk seperti obligasi pasar perdana dan sekunder hingga rekening dan deposito valas cukup dengan satu aplikasi digibank reksadana. Download aplikasi digibank atau follow Instagram digibank sekarang. 

 

Link references
https://www.cermati.com/artikel/belajar-investasi-reksa-dana-saham-dengan-modal-rp100-ribu-mau
https://www.cermati.com/artikel/reksadana-saham-investasi-risiko-tinggi-tapi-cuannya-paling-juara

Posting Komentar untuk "Belajar Mengenai Saham dari Reksadana Saham"