Jangan Sepelekan, Ini 5 Manfaat Pisang Rebus untuk Kesehatan

Tanya Nabila - Meski dianggap sebagai makanan sederhana, pisang rebus sangat nikmat jika dimakan saat pagi atau sore hari sampai minum kopi. Selain enak disantap, pisang rebus juga diyakini punya banyak manfaat bagi kesehatan. 

Buah pisang memang kaya serat, Vitamin B6, Vitamin C, dan kalium yang dapat menangkal pembentukkan radikal bebas. Selain sehat, pisang juga enak dan mudah dikonsumi. Pengolahan buah pisang juga beraneka ragam, mulai dari dibuat keripik, digoreng atau direbus. Nah dalam pisang rebus inilah, banyak sekali manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. 

Manfaat Buah Pisang

Kalau dibandingkan dengan pisang goreng, pisang yang direbus memiliki manfaat yang jauh lebih baik sehingga aman dikonsumsi terutama saat sarapan. Alhasil selain membuat perut kenyang, pisang rebus juga baik bagi kesehatan. Nah berikut ini beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan kalau sering mengonsumsi pisang rebus: 

1. Melancarkan peredaran darah

Kalium yang terdapat pada pisang rebus membantu melancarkan aliran darah yang tersumbat. Melansir dari salah satu sumber, Senin (8/6/2020) aliran darah yang tersumbat bisa menyebabkan penyakit berbahaya seperti stroke. Agar peredaran darah Anda kembali lancar dan stabil, cobalah untuk mengonsumsi pisang rebus. Kandungan kalium yang terdapat di dalamnya dapat menstabilkan peredaran darah sehingga aliran darah ke seluruh tubuh kembali normal. 

2. Menjaga kesehatan mata

Kandungan Vitamin A dalam wortel terkenal mampu mengatasi permasalahan mata. Namun ternyata tak hanya wortel saja, pisang rebus juga kaya akan Vitamin A sehingga baik bagi kesehatan mata. Dengan begitu kalau Anda rajin mengonsusmsi pisang rebus, ini akan menjaga dari penyakit mata dan kerusakan mata akibat usia yang sudah lanjut. 

3. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat dalam pisang rebus khususnya jenis kepok sangat efektif membantu aktivitas dan kerja sistem pencernaan. Melansir dari Liputan6, karbohidratnya juga dapat mempertahankan gerak usus yang teratur. Selain itu pisang kepok rebus juga dapat mencegah terjadinya sembelit dan diare. Hal ini karena adanya kandungan pektin di dalamnya. 

Pektin dapat melunakkan serta menyerap air dengan baik, sehingga efektif untuk melancarkan sistem pencernaan dan buang air besar. Kandungan antasida di dalamnya juga berperan sangat baik dalam mengatasi masalah asam lambung termasuk maag. 

4. Mengontrol tekanan gula darah

Kalium dalam pisang kepok rebus cukup tinggi, namun kandungan sodiumnya rendah. Kombinasi ini menjadikan pisang kepok sangat baik untuk menormalkan tekanan darah. Sehingga resiko hipertensi lebih mudah dihindari. Selain itu, kandungan gula pada pisang kepok rebus cukup rendah. Sehingga pisang ini sangat baik untuk penderita diabetes. Karena baik dikonsumsi pagi hari, kandungan karbohidratnya mampu membuat perut kenyang lebih lama, kalau dibandingkan dengan nasi yang tinggi gula. 

5. Membantu mengatasi stres

Senyawa pektin dan kalium dalam pisang rebus sangat tinggi, bahkan lebih besar dari sumber makanan lainnya. Menurut para ahli, kandungan tersebut mampu menghilangkan stres. Selain itu kalium juga sangat baik untuk membantu proses produksi sel darah putih pada kelenjar getah bening. Sehingga baik untuk menjaga imunitas serta metabolisme tubuh. 

Untuk mendapatkan pisang dengan kualitas terbaik, Anda bisa berbelanja di TaniHub. Tanihub merupakan platform e-commerce yang menawarkan produk dari para petani lokal yang ingin menjual hasil panen mereka langsung ke pembeli. Selain membantu para petani lokal, Anda juga bisa mendapatkan penawaran harga yang lebih terbaik langsung dari petaninya. 

Bukan hanya pisang, Anda juga dapat membeli aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, kebutuhan masak hingga sembako. Lengkap bukan? Yuk belanja di TaniHub

Posting Komentar untuk "Jangan Sepelekan, Ini 5 Manfaat Pisang Rebus untuk Kesehatan"