Apa Relasi Metaverse dan Keuangan Digital

Metaverse semakin merambah menuju industri lainnya, termasuk pasar cryptocurrency. Sebagian besar investor kripto menilai metaverse sebagai peluang yang menjanjikan, sehingga banyak dari mereka yang tertarik untuk melakukan investasi aset dalam jumlah yang fantastis.

Kemudian, apa keterkaitan Metaverse dengan kripto? Relasi ini merujuk pada fungsi kripto dan Non-Fungible Token (NFT) yang bisa menjadi alat pembayaran berbagai macam transaksi. Tentu saja transaksi ini akan terjadi dalam ruang metaverse. Dengan kemajuan ini, saya pun tidak akan heran apabila kelak akan berdiri metaverse university ssebagai kampus virtual paling canggih.

Terlebih lagi, ada kemungkinan bahwa kripto akan menjadi alat pembayaran di masa depan untuk menggantikan uang konvensional yang harganya terkadang tidak stabil dan berbeda di setiap negara. Meski masih terkesan baru dan jarang orang yang mengetahuinya, di Metaverse sudah beredar koin kripto yang bisa kita gunakan. Berikut beberapa contohnya.

Axie Infinity

Pengguna yang memainkan salah satu game NFT ini dan berhasil menang dalam setiap adventure challengenya, akan diberi hadiah koin kripto AXS (token Axie). Bahkan, koin ini diyakini bisa dikonversikan ke ETH dan ditukarkan dengan NFT. 

The Sandbox

Platform game satu ini menawarkan para pemainnya untuk membangun, memiliki, bahkan memonetisasi pengalaman bermain game mereka di blockchain Ethereum menggunakan token SAND. Pemain game The Sandbox juga bisa membuat token NFT dan mengintegrasikannya dalam Game Maker.

Pemain pun mendapat penghargaan atas partisipasinya berupa kemudahan dalam transaksi dan interaksi ekosistem seperti biaya transaksi, membeli dan menjual item game, dan lain-lain. 

Decentraland

Diluncurkan pada tahun 2017, Decentraland berkembang di blockchain Ethereum. Investor bisa membeli sepetak tanah untuk investasi melalui platform ini. Setiap plot LAND sebesar 16 kaki persegi, dan sekarang ini hanya tersedia 90601 bidang. 

Meta Hero

Token yang berkembang di bawah ekosistem Metahero ini merupakan wujud dari pemodelan dan pemindaian 3 dimensi ke Metaverse dari Wolf Studio. Wahh dengan konsep ini, sepertinya akan keren apabila metaverse Muhammadiyah turut mewarnai.

Cara kerja token NFT Meta Hero ini ialah memungkinkan penggunanya mengubah aset dunia nyata mereka menjadi NFT. Pemanfaatan ini bisa digunakan sebagai pembayaran transaksi di pasar 3D NFT, membeli dan membayar scan 3D Metahero, dan lain-lain.

Posting Komentar untuk "Apa Relasi Metaverse dan Keuangan Digital"