Mengenal 6 Parpol Lokal Aceh yang Akan Maju Pada Pemilu 2024

Jika dilihat kebelakang mengenai perkembangan partai politik di Indonesia, maka sejarah akan membawamu hingga masa di mana Indonesia belum merdeka. Setiap penyelenggaraan pemilu partai politik selalu ada penambahan atau pengurangan. Baik itu partai lama atau partai baru. Pada pemilu mendatang ada 6 parpol lokal Aceh yang juga akan maju pada pemilu 2024.

Munculnya partai politik lokal adalah hasil dari kesepakatan perdamaian yang merupakan rangkaian dari penyelesaian konflik Aceh dan pemerintahan Indonesia. Kesepakatan damai tersebut tertuang dalam perjanjian dan penandatanganan MoU antara Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang ditandatangani pada 15 Agustus 2005 di Helsinki, Finlandia. Setelah perjanjian damai tersebut dibuat, kehidupan masyarakat Aceh jadi jauh lebih baik.

Dalam wewenang yang diberikan tersebut, Aceh boleh mendirikan partai politik lokal. Hal ini membuka lebar pintu partisipasi Masyarakat Aceh untuk dapat terlibat dalam dunia politik, melalui partai politik lokal ini. Partai politik lokal adalah partai politik pada satu daerah saja, sedangkan partai nasional mencakup seluruh Indonesia.

Pada pemilu 2024 akan datang, ada 6 partai politik lokal Aceh yang akan maju. Bagaimana profil ke 6 partai tersebut? Simak ulasan berikut ini:

Partai Aceh


Partai Aceh sebelumnya bernama Partai Gerakan Aceh Merdeka, kemudian diubah menjadi partai Aceh yang merupakan partai lokal Aceh pada 7 Juni 2007. Partai ini dibentuk setelah penandatanganan MoU di Helsinki, dan mulai mengikuti pemilu legislatif pada tahun 2009. Pada tahun pertama mengikuti pemilu, Partai Aceh berhasil mendapatkan suara terbanyak.

Pastai Generasi Atjeh Beusaboh Tha’at Dan Taqwa

Partai yang disingkat menjadi partai Gabthat ini merupakan salah satu partai politik lokal Aceh yang lolos verifikasi untuk maju pada pemilu 2024. Partai Gabthat resmi didirikan pada 22 Maret 2007, sebelumnya Gabthat adalah yayasan pendidikan yang telah berdiri pada tahun 2005.

Tengku Abu Lam Pisang yang merupakan salah satu pendiri Gabthat menyampaikan bahwa, Gabthat didirikan sebagai partai politik sebagai bentuk komitmen untuk menjaga keberlangsungan perjanjian perdamaian antara Pemerintah Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka.

Partai Adil Sejahtera (PAS) Aceh

Partai lokal ketiga adalah Partai Adil Sejahtera atau PAS Aceh. PAS Aceh adalah salah satu partai lokal Aceh yang merupakan hasil dari ijtima ulama Aceh. PAS Aceh resmi didirikan pada tahun 2021. Partai ini juga sebagai partai lokal termuda. Partai ini berlandaskan ideologi Islam dan berbasis dayah. Secara resmi telah dideklarasikan pada 22 Februari 2023, yang diketuai oleh Tu Bulqaini dan Zikri yang menjabat sebagai sekretaris jenderal, dan Hamdan Budiman sebagai wakil sekretaris jenderal.

Partai Darul Aceh

Partai Darul Aceh adalah salah satu partai politik lokal tertua di Aceh, yang juga disingkat sebagai PDA. PDA merupakan partai perubahan dari partai Daerah Aceh, yang telah melalui proses MURALUB di Takengon, Aceh Tengah.

Partai Nanggroe Aceh

Partai Nanggroe Aceh atau PNA ini merupakan partai politik lokal yang telah didirikan pada 24 April 2014, dan didirikan oleh mantan Gubernur Aceh masa jabatan 2007-2012 Irwandi Yusuf. Sebelumnya partai ini bernama Partai Nasional Aceh. Selain didirikan oleh mantan gubernur, partai ini juga didirikan oleh beberapa mantan kombatan GAM.

Partai Solidaritas Independen Rakyat Aceh

Partai yang disebut juga Partai SIRA ini adalah partai politik lokal Aceh yang telah berpartisipasi pada pemilu legislatif tahun 2009 dan 2019. Partai ini didirikan pada 10 Desember 2007 yang juga bertepatan pada hari HAM sedunia. Pada pemilu mendatang, Partai SIRA juga berkesempatan untuk berkompetisi.

Baik partai nasional maupun lokal memiliki hak yang sama untuk mendapatkan suara dari pemilih dan masyarakat Indonesia. Maka dihimbau untuk seluruh masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya pada pemilu mendatang. Ingat pilihlah parti yang memiliki integritas pada politiknya. Ini penting karena dengan adanya integritas dapat dipastikan mereka akan bekerja dengan jujur dan terhindar dari praktik korupsi yang tentunya sangat merugikan. Untuk lebih mengetahui mengenai politik berintegritas, yuk, kunjungi situs ACLC KPK, di mana kamu juga akan mendapatkan beragam informasi mengenai sikap antikorupsi yang penting dimiliki. 

Source:

  • https://pemilu.tempo.co/read/1736919/pemilu-2024-mengenal-partai-generasi-atjeh-beusaboh-thaat-dan-taqwa
  • https://pemilu.tempo.co/read/1760181/betulkah-anak-muda-identik-dengan-swing-voters-pada-pemilu-2024?tracking_page_direct
  • https://www.partaidarulaceh.id/

Posting Komentar untuk "Mengenal 6 Parpol Lokal Aceh yang Akan Maju Pada Pemilu 2024"