Komitmen PGN Saka Terhadap Kelestarian Biodiversity

biodiversity
source: sakaenergi.com

Biodiversity atau keanekaragaman hayati adalah keberagaman gen, spesies, dan ekosistem di suatu wilayah. Kelestarian biodiversity sangat penting bagi kehidupan. Dalam era modern ini, manusia sering kali lupa akan pentingnya menjaga keberagaman hayati ini.

Oleh sebab itu, PGN Saka sebagai perusahaan yang mengeksplorasi sekaligus memproduksi minyak dan gas menyadari secara penuh bahwa keanekaragaman hayati perlu perlindungan untuk kelestarian alam.

Berikut terdapat beberapa alasan mengapa kelestarian biodiversity menjadi hal yang sangat penting dan harus diperhatikan secara serius. Simak ulasannya sampai akhir!

Menjaga Keseimbangan Ekosistem

Keanekaragaman hayati merupakan fondasi dari semua ekosistem. Setiap organisme, baik itu tumbuhan, hewan, maupun mikroorganisme memiliki peranannya masing-masing dalam menjaga keseimbangan ekosistem.

Hilangnya satu spesies saja dapat mengganggu rantai makanan dan mempengaruhi organisme lainnya.

Menangkal Perubahan Iklim

Hutan dan vegetasi lainnya berperan penting dalam menyerap karbon dioksida dari atmosfer dan membantu memperlambat perubahan iklim global.

Dengan hilangnya hutan dan spesies tumbuhan lainnya, kemampuan alam untuk mengurangi dampak perubahan iklim juga akan menurun.

Pariwisata dan Pendidikan

Keanekaragaman hayati juga merupakan daya tarik utama dalam industri pariwisata. Wisata alam mampu menarik banyak pengunjung yang ingin melihat satwa liar dan ekosistem unik.

Selain itu, keanekaragaman hayati juga menjadi bahan pembelajaran penting bagi ilmu pengetahuan alam, biologi, dan ekologi.

Program Konservasi PGN Saka untuk Kelestarian Biodiversity

Dengan melihat beberapa alasan di atas, PGN Saka pun melakukan sederet upaya konservasi sebagai wujud komitmen perusahaan dalam mempertahankan dan memulihkan fungsi ekosistem dan perlindungan flora maupun fauna.

Salah satu upaya tersebut terlihat dari penetapan Kawasan Banyuurip Mangrove Centre (BMC) di Kecamatan Ujungpangkah sebagai lokasi program konservasi keanekaragaman hayati dan kawasan penelitan.

PGN Saka sendiri menggaungkan beberapa program untuk mendukung keberlanjutan upaya konservasi di kawasan BMC. Berikut ini program keberlanjutan dari PGN Saka.

Monitoring dan Evaluasi

Tujuan dari program ini untuk melihat pertumbuhan dan perkembangan mangrove yang telah tertanam. Selain itu, kegiatan ini juga membuat arahan dan rekomendasi dalam pengelolaan kawasan BMC.

Penanaman Mangrove

Program ini sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan keanekaragaman hayati di kawasan BMC. Dengan penanaman mangrove, potensi abrasi pada daerah pesisir pantai bisa berkurang.

Pembibitan Mangrove

PGN Saka juga berperan dalam mendukung kegiatan pembibitan mangrove di BMC. Program ini berhasil membibitkan jenis mangrove dengan jumlah banyak.

Tidak hanya berguna untuk memperbaiki keadaan mangrove di BMC, bibit tersebut juga untuk membantu rehabilitasi hutan mangrove di kawasan lainnya.

Ekowisata Mangrove

PGN Saka mendukung pengembangan kawasan MBC sebagai area wisata dengan konsep ekowisata mangrove. Program ini menjadi salah satu potensi ekonomi apabila terkelola dengan sangat bijak dan baik.

Demikianlah peran aktif PGN Saka dalam menjaga kelestarian Biodiversity. Yuk, jaga keanekaragaman hayati Indonesia bersama PGN Saka!

Silahkan akses www.sakaenergi.com untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Komitmen PGN Saka Terhadap Kelestarian Biodiversity"