Pilih Material Pagar yang Sesuai untuk Hunian Minimalis Anda

material pagar yang sesuai untuk hunian minimalis
source: kompas.com

Pagar adalah salah satu elemen penting untuk melengkapi keindahan rumah Anda. Meski fungsi utamanya sebagai keamanan rumah, memilih material pagar yang tepat untuk pagar rumah minimalis Anda justru dapat membuat hunian jadi semakin indah dan juga elegan.

Terdapat beberapa pilihan material yang bisa Anda pertimbangkan untuk digunakan dalam hunian. Material yang dipilih tidak boleh sembarangan, karena pemilihan material yang tidak cocok justru akan mengurangi keindahan bentuk hunian, lho. 

Jadi coba disimak beberapa material di bawah ini dan sesuaikan dengan model hunian Anda, ya.

1. Material kayu

Material kayu sering dipilih karena memang selain menarik, dia termasuk dalam tipe material go green dan minim bahan kimia. Namun sayangnya material kayu ini jarang sekali dipilih karena daya tahannya cenderung lemah akibat cuaca dibanding material lainnya.

Padahal hal ini bergantung pada pemilihan bahan kayu yang dipakai, kayu ulin dan kayu jati dan menjadi pilihan karena durabilitasnya yang kokoh dan tahan lama. Tentu saja untuk meningkatkan ketahanan nya, kita juga mesti melakukan perawatan dan memberikan finishing agar kayu lebih awet.

2. Material besi

Material besi seringkali dipilih karena kesan kokoh dan harganya yang lumayan terjangkau. Besi model hollow atau besi tempa menjadi pilihan karena terlihat menarik. 

Meski begitu, bahan besi masih perlu dilakukan perawatan karena rentan terhadap cuaca terutama karatan dan juga kusam seiring waktu. Sehingga finishing harus rutin dilakukan.

3. Material berbahan tembok

Material berbahan tembok cukup populer bagi orang-orang yang enggan memikirkan bahan untuk pagar, sehingga mereka lebih memilih untuk menembok pagarnya. 

Meski begitu, material pagar juga terkadang digunakan sebagai mix untuk model pagar tertentu, seperti dipadukan dengan material baja atau batu alam untuk memperoleh desain pagar yang justru terlihat lebih cantik dengan tampilan yang simpel.

4. Material baja

Material baja sering dimanfaatkan untuk pembuatan pagar karena tampilannya yang minimalis dan daya tahannya yang lebih kuat. 

Selain itu model pagar berbahan baja sangat cocok digunakan untuk model rumah jenis apapun, sehingga tidak pernah ketinggalan zaman.

5. Material aluminium

Material aluminium termasuk dalam material yang sering dipilih karena memiliki daya tahan yang kuat dan kokoh dengan harga yang terjangkau. Sehingga cocok sekali bagi mereka yang membutuhkan pagar dengan budget yang terbatas. 

Selain itu, pagar berjenis aluminium juga terhindar dari kemungkinan korosi atau karatan akibat cuaca meski tanpa perawatan secara rutin.

6. Material vinil

Material vinyl atau PVC adalah salah satu material yang cukup populer akan ketahanannya yang kuat. Pagar vinyl juga tidak akan berjamur, terkena korosi ataupun berkarat, sehingga cocok digunakan sebagai material pagar. 

Namun kelemahan fatal dari material pagar berbahan vinyl adalah dia rawan sekali mengembang dan mengempis berdasarkan suhu disekitarnya dan membuatnya mudah rapuh.

Nah, Itu dia tadi beberapa contoh material yang belakangan ini populer digunakan untuk mempercantik hunian rumah yang Anda miliki. Bahkan beberapa material juga kadang dipadukan untuk memperoleh desain yang lebih cantik. 

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan di setiap material yang ada. Pilihlah material yang Anda rasa paling cocok dengan selektif ya, dan tentu saja sesuai budget.

Posting Komentar untuk "Pilih Material Pagar yang Sesuai untuk Hunian Minimalis Anda"