5 Manfaat Masker Pisang Kepok yang Sangat Baik untuk Kesehatan Kulit

Manfaat Masker Pisang Kepok

Tanya Nabila - Bagi seorang perempuan, perawatan wajah menjadi sebuah hal yang sangat penting. Saat kulit wajah tidak ada perawatan yang dilakukan, maka wajah akan terlihat kusam. Banyak produk perawatan wajah yang beredar di pasaran, salah satunya adalah masker. Masker menjadi salah satu cara merawat wajah yang praktis dilakukan.

Di pasaran, banyak sekali jenis masker wajah yang bisa Kamu pilih. Tapi, tidak ada salahnya kan kalau Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah? Pisang kepok menjadi salah satu bahan masker yang mempunyai banyak khasiat untuk kulit wajah. Apa saja sih manfaat masker pisang kepok? 

Manfaat Masker Pisang Kepok untuk Wajah

Saat mempertimbangkan penggunaan topikal untuk pisang kepok, salah satu bahan yang paling terkenal adalah silika, kerabat silikon. Para peneliti mengklaim bahwa silika dalam pisang kepok dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, protein alami yang membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan halus.

Pisang kepok mengandung nutrisi baik, beberapa di antaranya dapat membantu kesehatan kulit. Ini termasuk: 

  • kalium 
  • vitamin B-6 
  • vitamin C 
  • jejak vitamin A

Dari kandungan ini apa saja yang manfaat masker pisang kepok untuk kulit wajah yang bisa kita dapatkan? Yuk, kita cek. 

1. Membantu Mengurangi Kerutan di Wajah

Seiring bertambahnya usia, kehilangan kolagen di kulit adalah hal yang wajar. Kehilangan kolagen dapat membuat kulit menjadi kurang kencang, dan dapat meningkatkan munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Manfaat masker pisang kepok diduga dapat membantu meningkatkan kolagen melalui silika, sehingga mengurangi munculnya kerutan. 

2. Membuat Kulit Lebih Bercahaya

Pisang kepok kaya akan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh. Menerapkan antioksidan pada kulit Kamu dapat membantu melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.

Makanya manfaat masker pisang kepok untuk kulit bisa membuatnya lebih bercahaya jika rutin diaplikasikan. Kamu ingin dong memiliki kulit yang bercahaya juga kan? 

3. Bisa Mengatasi Jerawat

Meskipun pisang kepok tidak memiliki bahan pembasmi jerawat yang sama seperti minyak pohon teh, benzoyl peroxide, atau asam salisilat, mereka dianggap dapat membantu mengatasi jerawat dengan mengurangi peradangan pada kulit dari vitamin A.

Fenolat dalam pisang kepok juga mengandung antimikroba untuk mengobati lesi jerawat. Pisang kepok dan kulitnya adalah pengobatan rumahan yang sangat baik untuk mengobati jerawat pada kulit. Kamu bisa langsung mengoleskan bagian dalam kulit pisang kepok ke jerawat untuk mengurangi peradangan dan menghancurkan bakteri.

Selain itu, dapatkan manfaat masker pisang kepok dengan tumbuk pisang kepok, madu, dan kunyit untuk mencerahkan kulit, mengurangi jerawat, dan melembapkan kulit. Cuci bersih dengan air dingin dan tepuk-tepuk wajah Kamu hingga kering. Ingatlah untuk konsisten melihat hasil. 

4. Sebagai Pelembap Kulit

Manfaat masker pisang kepok bisa melembapkan karena kaya akan potasium dan kelembapan, sehingga bisa membuat kulit kita lembut dan kenyal. Jika kulit Kamu terkelupas dan kering, cukup oleskan masker wajah pisang kepok ke wajah.

Siapkan mangkuk kecil, tumbuk pisang kepok matang dengan bagian belakang garpu, dan oleskan ke wajah, hindari area di sekitar mata dan mulut. Bilas dengan air dingin setelah 10 hingga 15 menit dan nikmati kulit Kamu yang terasa lembut. 

5. Mengontrol Minyak di Wajah

Jika Kamu memiliki kulit berminyak dan berminyak, manfaat masker pisang kepok sederhana dengan jus lemon dan madu bisa membantu.

Pisang kepok adalah eksfoliator bagus yang membantu mengelupas kelebihan sebum di permukaan kulit. Bahan ini juga mengandung bahan pelembap, potasium, dan vitamin E dan C, yang semuanya mempromosikan kulit yang cerah bersinar.

Hancurkan pisang kepok matang dengan bagian belakang garpu dan campurkan 1 sendok makan madu mentah dan 1/2 sendok teh jus lemon untuk membuat masker wajah yang menakjubkan. Bilas dengan kain basah atau air dingin.

Itulah beberapa manfaat masker pisang kepok dan jenisnya yang bisa Kamu coba sesuai dengan kebutuhan. Saat ini tidak perlu khawatir lagi untuk mencari tempat membeli pisang kepok yang dijamin segar dan berkualitas. TaniHub menyediakan pisang kepok serta kebutuhan sehari – hari seperti buah, sayur, sembako, kebutuhan masak, bumbu, telur dan unggas lainnya yang telah lulus quality control yang ketat.

TaniHub merupakan sebuah platform e-commerce yang berbasis aplikasi dan website. Memiliki fokus utama terhadap produk hasil pertanian dan berbagai kebutuhan masak untuk usaha ataupun rumah tangga. Keberadaan TaniHub mendukung para petani untuk mendapatkan akses pasar dengan menyalurkan hasil produk pertaniannya kepada konsumen B2B (Business to Business) & B2C (Business to Consument).

Selain membantu para petani lokal, Kamu juga bisa mendapatkan penawaran harga yang lebih terjangkau dari promo yang ditawarkan oleh TaniHub.

Yuk belanja sekarang!

---

Sumber: https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-masker-pisang

Posting Komentar untuk "5 Manfaat Masker Pisang Kepok yang Sangat Baik untuk Kesehatan Kulit"