Tips SehatQ, Pencegahan Infeksi Cacing Kremi Secara Mandiri

Cacing kremi tentu sangat meresahkan apalagi jika sudah menginfeksi anak-anak hingga orang dewasa. Bahaya infeksi cacing kremi ini bisa mengganggu penderitanya, terutama pada bagian anus. Cacing kremi merupakan hewan jenis cacing yang kecil dan tipis serta berwarna putih. Hewan ini bisa hidup dan berkembang biak di usus besar serta rektum manusia. 

Meski lebih rentan menginfeksi anak-anak, rupanya cacing kremi juga mudah menginfeksi orang dewasa. Penyebab infeksi cacing kremi ini umumnya terjadi lewat tangan dan juga mulut. Untuk itu memang kebersihan harus dijaga agar penularan cacing kremi bisa diminimalisir. Berikut beberapa pencegahan yang bisa dilakukan untuk menghindari infeksi dari cacing kremi. 

1. Cuci Tangan Selalu

Baik anak-anak maupun orang dewasa agar bisa terhindar dari penyebaran serangan cacing kremi maka harus menjaga kebersihan tangan. Caranya dengan mencuci tangan dengan air dan sabun sebelum dan sesudah melakukan aktivitas terutama saat di kamar mandi.

Sebelum makan juga wajib cuci tangan dengan air mengalir. Untuk ibu yang hendak mengganti popok anaknya, wajib pula mencuci tangan sampai bersih agar penularan cacing kremi tidak terjadi pada bayi yang rentan. 

2. Jaga Kebersihan Kuku

Penyebaran infeksi cacing kremi sangat mudah melalui tangan. Maka dari itu jaga kebersihan kuku agar senantiasa tidak ada bakteri yang menempel pada jari kuku. Bagi Anda yang memiliki kuku panjang maka harus double cleansing pada bagian kuku.

Sementara untuk anak yang suka bermain di luar rumah, orang tua harus memperhatikan kebersihan kuku anak setiap hari. Jika kukunya mulai panjang, sebaiknya dipotong saja untuk menghindari bakteri-bakteri muncul. 

3. Ganti Pakaian Setiap Hari

Jaga kebersihan juga harus dilakukan pada pakaian. Sebaiknya anda ganti pakaian setiap hari terutama yang memiliki banyak aktivitas di luar rumah. Karena cacing kremi ini tentu sangat mudah anda temui di alam bebas.

Selain jaga kebersihan pakaian Anda juga harus menjaga kebersihan sprei yang ditiduri. Ada baiknya untuk mengganti sprei secara berkala, apalagi jika sudah merasa sprei tidak nyaman lagi untuk ditiduri. Untuk yang memiliki tingkat resiko penularan cacing kremi cukup tinggi maka bisa mencuci segala perlengkapan dengan air panas. Mulai dari baju, sprei, handuk dan lain-lain. 

4. Rumah Harus Cukup Ventilasi

Tidak hanya cukup untuk membersihkan seluruh permukaan benda di dalam rumah saja. Rumah Anda juga harus punya ventilasi yang luas agar matahari pagi masuk ke dalam rumah. Sinar matahari bisa membantu membunuh telur cacing kremi yang ada di permukaan barang.

Telur cacing kremi sangat mudah berkembang biak di permukaan barang dan juga tubuh manusia. 

5. Tidak Berbagi Barang Dengan Orang Terinfeksi

Jika anda mengetahui bahwa ada anggota keluarga atau kerabat yang terinfeksi oleh cacing kremi, sebaiknya jangan berbagi barang dengan orang tersebut. Pertama untuk barang pribadi seperti pakaian, handuk hingga sikat gigi. Menggunakan barang bersama dengan orang yang terinfeksi cacing kremi maka membuat Anda mudah tertular cacing kremi. 

Itu tadi beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk meminimalisir infeksi cacing kremi baik di rumah maupun lingkungan sekitar. Tentu lebih baik mencegah daripada sudah terinfeksi dan repot untuk mengobatinya penyakit ini. 

Bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi seputar infeksi dari cacing kremi lebih lengkap lagi, maka bisa kunjungi website kesehatan keluarga SehatQ. Di SehatQ anda akan mendapatkan informasi menarik mengenai berbagai penyakit berdasarkan fakta.

Posting Komentar untuk "Tips SehatQ, Pencegahan Infeksi Cacing Kremi Secara Mandiri"

List Blog Keren Rajabacklink