4 Olahraga Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan di Tempat Tidur

olahraga di kamar

Olahraga merupakan kegiatan yang sulit untuk sebagian orang lakukan secara rutin. Waktu yang sangat terbatas karena padatnya aktivitas membuat orang-orang tidak memiliki waktu khusus untuk berolahraga.

Pola pikir olahraga harus dilakukan di luar rumah juga menjadi faktor orang-orang jadi malas untuk melakukannya. Padahal, olahraga bisa dilakukan dalam bentuk gerakan sederhana di atas tempat tidur.

Olahraga di kamar atau di tempat tidur ini bisa melatih kekuatan inti, meningkatkan keseimbangan serta mengencangkan area tubuh seperti perut dan bokong. Penasaran apa saja olahraga sederhana tersebut? Langsung simak di bawah ini, ya! 

Melentangkan Kaki

Gerakan melentangkan kaki ini akan melatih otot-otot bokong, kaki, dan juga inti. Ini merupakan variasi dari glute bridge biasa. Caranya, baringkan tubuh secara telentang. Posisikan kedua lutut tertekuk dan telapak kaki rata di tempat tidur.

Kemudian, angkat pantat hingga berada dalam satu garis lurus. Tekan satu tumit saat mengangkat satu kaki tanpa meluruskan kaki, lalu bawa lutut ke arah dada hingga sejajar dengan pinggul.

Letakkan kembali kaki ke tempat tidur dan ulangi dengan sebelah kaki lain tanpa menurunkan pinggul. Ulangi gerakan tersebut hingga 20 kali. 

Reverse Crunches

Gerakan reverse crunches ini menargetkan pada perut bagian bawah. Jika gerakan ini terlalu berat, kamu bisa mengurangi beban dengan menekuk kaki hingga 90 derajat dan bergerak dengan rentang gerakan yang lebih kecil. Ulangi hingga 10 kali dengan membaginya dalam 3 set dan istirahat selama 30 detik antara tiap set. 

Modifikasi Push-up Handstand

Gerakan sederhana selanjutnya ini akan membantu membangun stabilitas serta kekuatan bahu kamu. Langkah-langkahnya ialah, berbaring di perut dengan kepala dekat tepi tempat tidur kamu. Kemudian, geser badan ke depan sampai pinggul berada di sisi tempat tidur.

Letakkan tangan di lantai selebar bahu dalam posisi handstand. Lalu, turunkan badan ke lantai dengan kepala di antara kedua tangan. Usahakan untuk tetap berdiri tegak. Ulangi selama 10 kali dengan istirahat 30 detik antara set. 

Forearm Plank

Jika kamu ingin gerakan yang melibatkan banyak otot di tubuh secara bersamaan, maka forearm plank adalah solusinya. Olahraga satu ini melibatkan beberapa bagian tubuh, mulai dari otot inti, paha depan, dada, dan juga punggung.

Caranya, mulai dengan tengkurap dalam posisi lengan dan lutut di tempat tidur selebar bahu. Tumpuk siku di bawah bahu dan lengan yang lurus. Setelah itu, angkat lutut dari tempat tidur lalu dorong kaki ke belakang untuk membawa tubuh ke ekstensi penuh hingga tubuh membentuk satu garis panjang.

Pastikan kamu tetap menjaga keseimbangan di antara tangan dan siku agar tidak terlalu tenggelam di kasur. Tahan selama kurang lebih 30 detik.

Olahraga merupakan suatu aktivitas yang baik untuk menjaga kebugaran serta kesehatan. Melakukan gerakan-gerakan sederhana tersebut di tempat tidur bisa menjadi pilihan kamu disela-sela jadwal aktivitas sehari-hari.

Untuk lebih mengetahui tips-tips olahraga lainnya, kunjungi blog.cove.id agar lebih bugar dan sehat. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "4 Olahraga Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan di Tempat Tidur"