Penyebab Serta Gejala Saraf Terjepit yang Perlu Diketahui

Gejala Saraf Terjepit

Saraf terjepit (saraf kejepit/pinched nerve) merupakan suatu kondisi di mana saraf yang ada di dalam tubuh tertekan oleh bagian sekitarnya. Saat mengalami saraf terjepit, tubuh Anda akan mengirimkan sinyal berupa rasa nyeri yang terasa menyakitkan. Jangan terlalu menganggap remeh tanda-tanda saraf terjepit, karena bisa jadi kerusakan saraf yang besar.

Penyebab saraf terjepit dapat dipicu karena adanya tekanan pada saraf. Tekanan ini bisa disebabkan oleh gerakan yang Anda lakukan berulang kali dalam jangka waktu yang lama, seperti misalnya posisi menekuk siku saat tidur.

Tekanan pada saraf bisa terjadi saat saraf tertekan di antara jaringan dengan ligamen, tendon, atau tulang. Tubuh memiliki saraf yang paling rapuh ketika ditempatkan pada jaringan sempit di tubuh Anda, namun jaringan lunak untuk melindungi saraf tersebut hanyalah sedikit.

Rasa nyeri pertama umumnya dirasakan pada punggung, akan tetapi bisa saja rasa nyeri muncul di beberapa bagian tubuh. Misalkan, ketika cakram hernia memberikan tekanan pada akar saraf, Anda pun akan merasakan sakit pada bagian belakang kaki. 

Penyebab Saraf Terjepit

Berikut ini beberapa kondisi yang bisa menyebabkan jaringan menekan saraf atau saraf terjepit. 

  • Terluka 
  • Postur tubuh yang tidak baik, karena bisa menambah tekanan pada tulang belakang dan saraf tepi 
  • Arthritis atau rematik di pergelangan tangan 
  • Stres dari pekerjaan 
  • Aktivitas olahraga yang rentan mengakibatkan cedera 
  • Berat badan yang berlebihan 

Dari beberapa kasus, salah satunya adalah carpal tunnel syndrome, yakni suatu kondisi yang terjadi pada jari yang menyebabkan rasa kesemutan. Ini karena beberapa jaringan berkontribusi dalam memberikan tekanan pada saraf, seperti pembesaran tulang atau penebalan yang akhirnya menjepit saraf. 

Gejala Saraf Terjepit

Setelah mengetahui apa saja penyebab saraf terjepit, Anda juga perlu tahu beberapa gejala saraf terjepit agar tidak salah langkah untuk mengobatinya. Di antaranya: 

Nyeri

Salah satu gejala umum terjadinya saraf terjepit adalah rasa nyeri. Keluhan tersebut biasanya muncul pada lokasi di mana saraf terjepit itu terjadi. Misal, terjadi di tulang belakang atau punggung bawah, maka Anda bisa merasakan gejala nyeri pinggung.

Tubuh serasa ditusuk-tusuk jarum hingga sensasi terbakar

Selain rasa nyeri, beberapa penderita saraf terjepit juga mengatakan jika muncul rasa seperti ditusuk-tusuk jarum atau ada sensasi terbakar di lokasi terjadinya pinched nerve tersebut.

Penjalaran nyeri

Keluhan rasa nyeri biasanya juga disertai dengan penjalaran. Contohnya, jika Anda mengalami saraf terjepit di punggung, maka terjadi penjalaran nyeri ke bagian pantat hingga paha, betis, dan kaki.

Demikianlah ulasan mengenai penyebab saraf terjepit yang kerap menganggu aktivitas. Untuk mendapatkan solusi yang tepat, kita bisa konsultasi dan berobat langsung ke dokter.

Posting Komentar untuk "Penyebab Serta Gejala Saraf Terjepit yang Perlu Diketahui"

List Blog Keren Rajabacklink