Cara Kerja, Kelebihan Serta Kekurangan Ball Valve

Dalam dunia industri, ball valve termasuk banyak digunakan karena sangat mudah dan serbaguna dalam maintenance. Terlebih lagi, jenis katup satu ini mampu menahan tekanan atau suhu tinggi dengan baik. Meski begitu, ketangguhan valve ini tergantung dari material atau bahan baku apa yang digunakan.

Pengertian dari ball valve sendiri adalah sebuah perangkat pengontrol aliran yang berbentuk disc bulat. Biasanya, katup dengan pengontrol aliran ini menjadi komponen dalam mengatur laju aliran cairan maupun gas. Bentuknya seperti kran dengan bundaran di tengahnya.

Selain itu, ball valve juga populer sebagai katup yang mempunyai masa pakai lama dengan memberikan penyegelan handal. Katup ini bisa menahan tekanan sampai 10.000 Psi dan temperatur yang mencapai 200 derajat celcius di sekitarnya. 

Cara Kerja Ball Valve

Ball valve merupakan katup gerak rotasi sekitar 90 derajat dengan cara kerja yang hampir mirip dengan kran air. Ketika katup dalam keadaan tertutup, maka bola berputar dan lubang berada pada kondisi tegak lurus dnegan bukaan aliran tubuh valve. Sehingga, secara otomatis aliran akan berhenti.

Sebaliknya, saat valve dibuka maka bola akan berputar ke titik di mana lubang yang melalui bola sejalan dengan saluran masuk tubuh valve. Nah, untuk memahami prinsip kerja darijenis katup ini, ada lima bagian utama dengan fungsi yang berbeda yang harus Anda pahami terlebih dahulu.

Lima komponen utama tersebut antara lain, stem valve, bola, seat ball valve, o-ring, dan housing valve. Stem valve akan terhubung pada bola, lalu dioperasikan secara otomatis maupun manual. Seat ball valve dan o-ring berfungsi menopang dan menyegel bola. Semua proses kerja itu terjadi di dalam housing valve. 

Kelebihan dan Kekurangan Ball Valve

Sebelum memutuskan membeli ball valve di penjual terpercaya, tentu ada kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Kelebihan dari jenis katup ini adalah jarang bocor selama penggunaannya, ukurannya simpel dan tidak terlalu berat dibanding dengan valve lain yang sejenis, mudah dibuka, tidak mudah terkontaminasi dan kehilangan tekanan sangat rendah.

Lalu, untuk kekurangannya adalah seat bisa rusak karena gesekan antara seat tersebut dengan ball. Selain itu, pembukaan handle yang cepat juga bisa menimbulkan water hammer pada sistem. Sehingga, tekanannya yang besar akan merusak sambungan dan dinding pipa. 

Jika tertarik untuk membeli katup jenis satu ini, Anda bisa membeli di jual valve PT Lamindo Prima Mandiri yang menyediakan beragam jenis valve. Di antaranya Gate Valve, Butterfly Valve, Globe Valve, Ball Valve, dan masih banyak lagi. Informasi lebih lanjut langsung saja hubungi di nomor +62 254 781 5008 atau website lamindo.co.id. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Cara Kerja, Kelebihan Serta Kekurangan Ball Valve"

List Blog Keren Rajabacklink