Rekomendasi Buah untuk MPASI Bayi Berusia 6 Bulan

rekomendasi buah untuk MPASI bayi usia 6 bulan

Ketika bayi sudah berusia 6 bulan, mereka membutuhkan nutrisi tambahan yang bisa Bunda berikan melalui beragam makanan. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, Menu MPASI 6 bulan harus mengandung minimal 200 kalori atau setara dengan 4 sampai 6 sendok makan sehari.

Variasi jenis makanan dalam MPASI perlu Bunda perhatikan agar nutrisi yang bayi butuhkan tercukupi. Salah satu bahan yang bisa Bunda tambahkan pada menu MPASI adalah buah. Berikut ini macam-macam buah yang bagus untuk bayi. Simak sampai selesai ya, Bunda!

Pisang

Pisang merupakan buah yang mudah kita jumpai dan selalu ada sepanjang tahun. Pisang matang mempunyai gizi yang sempurna. Jenis pisang yang baik untuk kebutuhan nutrisi si Kecil adalah pisang raja dan ambon.

Sebelumnya, Bunda perlu melembutkan dulu buah pisangnya dan mencampurkannya ke dalam ASI atau susu formula. Selain itu, Bunda juga bisa langsung melembutkan pisang dan menyaringnya untuk mengambil sari pisang saja.

Bunda, hindari melembutkan pisang dengan blender, ya. Memblender pisang dapat mengurangi nutrisi yang ada di dalamnya.

Alpukat

Buah alpukat kaya akan asam lemak omega 3 yang baik untuk perkembangan otak bayi. Selain itu, buah yang satu ini mengandung beberapa vitamin dan mineral, seperti vitamin B6, vitamin C, vitamin A, vitamin K, asam folat, thiamin, zat besi, kalium, kalsium, dan natrium.

Bunda bisa mencampurkan 50 gram alpukat matang yang sudah halus dengan 25 cc ASI untuk porsi sekali makan.

Pepaya

Pepaya mengandung antioksidan yang tinggi dan serat yang bisa membantu melancarkan percernaan si Kecil, lho. Haluskan buah pepaya yang matang, lalu saring dan campurkan dengan sedikit susu. 

Menyaring pepaya ini berfungsi agar bayi mudah mencerna sarinya. Pepaya yang matang memiliki kandungan gizi yang lebih baik dan rasa yang manis.

Buah yang tepat dapat melancarkan sistem pencernaan bayi. Frekuensi BAB si kecil menjadi lebih baik, lho Bunda. 

Nah, agar buah hati merasa nyaman ketika buang air besar, Bunda bisa memakaikannya popok yang lembut dan tidak membuatnya iritasi. Popok Merries merupakan popok pertama di Indonesia dengan kandungan ekstrak natural daun teh.

Popok Merries sangat higienis dengan lapisan anti bakteri, punya daya serap yang tinggi dan tidak menimbulkan ruam maupun gatal setelah pemakaian. Kulit bayi akan senantiasa terlindungi dengan Popok Merries.

Yuk, kunjungi merries.co.id untuk mendapat informasi lebih lengkap. Ciptakan senyuman dan kenyamanan si Kecil dengan popok bayi terbaik dari Merries. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Buah untuk MPASI Bayi Berusia 6 Bulan"