Apa Itu Hormon Ghrelin? Berikut Ulasan Lengkapnya

Hormon ghrelin merupakan sebuah hormon yang berperan mengatur nafsu makan dengan memfasilitasi fungsi kelenjar pituitari, mengontrol insulin dan melindungi kesehatan jantung. Hormon ini adalah hormon yang diproduksi oleh usus dan juga disebut sebagai hormon kelaparan.

Fungsi utama hormon ghrelin adalah menambah nafsu makan serta mempengaruhi siklus tidur dan metabolisme karbohidrat. Hormon ini diproduksi di perut, lalu dilepaskan saat perut kosong dengan memasuki aliran darah dan mempengaruhi bagian otak. Jika tingkat ghrelin semakin tinggi maka rasa lapar akan semakin terasa. Jika levelnya semakin rendah maka Anda akan merasa kenyang dan mengkonsumsi lebih sedikit kalori.

Hubungan Berat Badan Dengan Hormon Ghrelin

Bagi yang ingin melakukan diet untuk menurunkan berat badan maka bisa menggunakan hormon ini. Sebab hubungan berat badan dan ghrelin adalah mempengaruhi rasa lapar. Ketika ghrelin meningkat, itu terjadi saat perut kosong dan akan menyusut ketika perut sudah kenyang

Banyak orang mengira bahwa ketika orang gemuk maka punya kadar ghrelin yang tinggi padahal sebaliknya. Yang memiliki badan gemuk hanya lebih sensitif terhadap efek ghrelin. Jadi tidak peduli berapa banyak lemak yang ada di dalam tubuh, jika ghrelin meningkat maka anda akan lapar. Ketika Anda diet, maka ini adalah respon alami tubuh untuk melindungi anda dari rasa lapar.

Nafsu makan yang meningkat pada orang gemuk menjadi salah satu faktor untuk sulit menurunkan berat badan karena hormon dan metabolisme mencoba mendapatkan kembali berat badan yang hilang.

Selain ghrelin yang disebut hormon kelaparan, ada juga yang namanya hormon kenyang yaitu leptin. Ghrelin dan leptin, bekerja sama untuk memfasilitasi nutrisi dan menyeimbangkan energi serta manajemen berat badan. Leptin merupakan hormon yang diproduksi oleh sel lemak untuk mengurangi nafsu makan dan kedua hormon ini, bekerja sama serta berperan menjaga berat badan.

Penurunan berat badan yang dilakukan akan menyebabkan kadar leptin turun dan seringkali menyebabkan memiliki rasa lapar yang lebih besar. Namun banyak orang yang kelebihan berat badan dan obesitas, dianggap tahan leptin yang membuatnya makan berlebihan dan meningkatkan berat badan.

Untuk mengurangi hormon ghrelin adalah dengan menghindari kelebihan berat badan dan kurangnya asupan fruktosa, melakukan olahraga dan mengurangi stres. Selain itu bisa juga dengan dibarengi tidur cukup karena insomnia bisa menyebabkan rasa lapar berlebihan. 

Anda juga butuh yang namanya partner hidup sehat dari Sirka untuk mengurangi kadar hormon ghrelin saat diet. Sirka akan memberikan panduan diet sehat yang praktis sesuai dengan ilmu gizi dan tidak menyiksa. Kunjungi sirka.oi untuk informasi lebih lanjut.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Hormon Ghrelin? Berikut Ulasan Lengkapnya"