Mengulik Fungsi-Fungsi Valuta Asing (Valas)

Valas merupakan mata uang yang diakui, digunakan dan diterima sebagai alat pembayaran dalam perdagangan internasional. Valas atau valuta asing yang banyak digunakan biasanya adalah mata uang suatu negara yang mempunyai peran cukup besar dalam sistem perekonomian seluruh dunia, seperti Dollar.

Secara umum, valas memiliki fungsi penting di dunia bisnis sebagai alat pembayaran dalam transaksi perdagangan yang diakui secara internasional. Berikut ini adalah fungsi-fungsi valas sebagai alat pembayaran dalam dunia bisnis. Simak baik-baik, ya!

Alat Tukar Internasional


Fungsi pertama valas ialah sebagai alat tukar dalam transaksi internasional. Transaksi tersebut tidak terbatas pada transaksi perdagangan barang saja, melainkan juga transaksi jasa antar negara.

Contohnya, jika Indonesia ingin membeli suatu barang atau jasa dari negara lain, maka transaksi yang digunakan adalah menggunakan valas dari negara yang bersangkutan.

Alat Pembayaran Internasional


Valas juga berfungsi sebagai alat pembayaran internasional yang sifatnya mirip dengan fungsi pertama, yakni sebagai alat tukar.

Dalam beberapa tahun, valas akan menjadi alat pembayaran yang sah dan diakui oleh kedua negara yang terlibat dalam transaksi perdagangan internasional. Selain untuk membeli barang atau jasa dari negara lain, valas bisa digunakan juga untuk membayar utang suatu negara pada negara lainnya.

Mengendalikan Kurs

Fungsi ketiga dari valas adalah mengendalikan kurs mata uang yang tersedia dalam suatu negara. Pemerintah di negara yang terlibat langsung turun tangan dalam pengendalian kurs mata uang ini.

Nilai kurs harus dikendalikan karena bisa berubah secara fluktuatif dengan adanya kenaikan serta penurunan. Nah, agar tidak terjadi lonjakan yang terlalu ekstrem, pemerintah akan memanfaatkan valas untuk mengendalikan kurs mata uang di negaranya.

Melancarkan Perdagangan Internasional


Sebagai sebuah alat pembayaran yang sah dan diakui di seluruh dunia, valas tentunya bisa digunakan untuk melancarkan semua transaksi perdagangan internasional. Negara-negara yang melakukan transaksi tersebut bisa menggunakan valas sebagai alat melancarkan transaksi perdagangannya.

Valas sebagai alat pembayaran internasional memungkinkan terlaksananya transaksi internasional yang bebas tanpa kendala pemakaian mata uang. Peran valas sangatlah penting dalam dunia bisnis internasional, terutama yang berkaitan dengan transaksi perdagangan.

Itulah beberapa fungsi dari valuta asing dalam dunia bisnis internasional. Berbagai bank di Indonesia juga menyediakan produk simpanan atau tabungan valas untuk nasabah perorangan dengan mengikuti persyaratan yang berlaku.

Untuk mengetahui informasi lain terkait dunia perbankan dan keuangan di Indonesia, silakan langsung kunjungi laman www.bankdiindonesia.com melalui browser di smartphone maupun gadget lain. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Mengulik Fungsi-Fungsi Valuta Asing (Valas)"