Jenis-Jenis Lacak Paket yang Perlu Diketahui

jenis-jenis lacak paket yang perlu diketahui

Sebagian orang mungkin beranggapan, bahwa setelah paket atau barang diserahkan kepada jasa pengiriman merupakan keputusan akhir. Pengirim paket hanya akan menerima laporan bahwa paket tersebut telah dikirimkan, tanpa mengetahui berapa lama paket sampai ke tangan penerima.

Nyatanya, baik itu pengirim maupun penerima paket bisa berperan dalam proses pengiriman dengan melakukan cek resi yang biasanya tertera pada paket. Dengan begitu, kita bisa mengetahui dengan pasti posisi dari keberadaan paket tersebut hingga berapa lama paket bisa sampai ke alamat yang dituju.

Pihak jasa pengiriman memang sengaja menyediakan proses tersebut untuk membangun kepercayaan antara dua pihak. Secara garis besarnya, pelacakan paket terdiri dari dua jenis sebagai berikut:

Cek Resi Dengan Sistem Real Time

Cek resi dengan sistem real time adalah jenis lacak paket pertama yang akan dibahas. Sistem ini akan memberikan informasi kepada pengirim dan penerima terkait keberadaan paket, kondisi paket dan lainnya. Informasi tersebut bisa dilihat dari proses loading paket dari kendaraan yang membawanya, baik itu yang dilakukan menggunakan kendaraan darat, udara maupun laut.

Dengan adanya informasi ini, pengirim maupun penerima akan mengetahui apakah proses pengiriman paket berhasil, gagal atau bahkan mungkin ditangguhkan untuk sementara akibat kejadian tidak terduga. Misalnya seperti banjir, cuaca buruk dan sebagainya.

Lacak Paket Dengan Sistem Live Tracking

Berbeda dengan pelacakan paket sistem real time, maka pelacakan paket dengan sistem live tracking dilakukan dengan melacak posisi kurir yang mengantar paket tersebut. Informasi pelacakan paket dengan sistem ini berupa peta yang menampilkan pergerakan kurir yang membawa paket.

Peta ini didapatkan dengan cara lacak resi. Peta tersebut akan menampilkan pergerakan kurir mulai dari tempat logistik, dalam perjalanan hingga posisi saat kurir berada di tempat penerima untuk memberikan paket yang dikirimkan.

Demikianlah ulasan mengenai jenis-jenis lacak paket pengiriman yang perlu diketahui. Bagi yang ingin tracking paket sudah sampai mana, lakukan cek paket melalui website Shipper. Dengan Shipper, kita bisa memasukkan hingga 10 kode nomor resi untuk melacak pengiriman, sehingga lebih praktis. 

Shipper adalah agregator logistik domestik dan internasional yang sudah bekerja sama dengan banyak jasa logistik, seperti J&T Express, Gosend, SiCepat dan masih banyak lainnya. Layanan pengirimannya pun beragam. Dan yang paling penting adalah bebas biaya admin.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo cek nomor resi paket dengan mudah dan praktis sekarang juga hanya di sini https://shipper.id/tracking! Semoga ulasan ini bisa membantu, ya!

Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Lacak Paket yang Perlu Diketahui"