Kategori Benda yang Bisa Dikirimkan Melalui Jasa Pengiriman Jalur Darat

jasa pengiriman

Terdapat banyak jenis kategori benda yang bisa dikirimkan lewat jasa pengiriman jalur darat. Hal inilah yang memudahkan para pelaku bisnis dalam menjalankan usahanya. Tidak bisa dipungkiri bahwa era digital seperti sekarang ini jasa kirim sangat membantu.  

Apalagi bagi para pebisnis online atau pemilik usaha e-commerce. Semakin meningkatnya kebutuhan pebisnis online terkait penyedia layanan kirim barang, membuat jenis jasa ini semakin marak bermunculan.  

Bukan hanya jasa kirim produk melalui jalur darat saja, tapi juga laut dan udara. Ketika memilih pengiriman jalur darat, ada banyak kategori benda yang bisa dikirimkan. Beberapa di antaranya akan dibahas pada ulasan berikut.

Inilah Beberapa Kategori Benda yang Bisa Dikirimkan Melalui Jasa Pengiriman Jalur Darat

Tidak semua benda bisa dikirimkan lewat jalur darat. Beberapa contohnya seperti seperti alkohol dan obat-obatan narkoba. Sedangkan beberapa kategori benda yang dikirimkan lewat jalur darat antara lain:

1. Kosmetik

Jasa pengiriman jalur darat bisa membawa benda kosmetik, seperti lipstik, skin care, bedak dan sejenisnya. Kosmetik merupakan jenis produk kecantikan yang digemari oleh wanita dan tidak pernah sepi peminat.

2. Fashion

Selain kosmetik, penyedia layanan kirim jalur darat juga bisa mengirimkan produk fashion. Produk fashion meliputi celana, pakaian, kaos, jaket, sepatu serta aksesori penunjang lainnya.  

Produk ini merupakan salah satu yang menjadi favorit pembeli di toko online. Sebagaimana kita tahu bahwa toko online seperti marketplace akan bekerja sama dengan penyedia layanan pengiriman untuk membantu proses pendistribusian barang. 

 Bukan hanya produk fashion untuk wanita saja tapi juga pria dengan segala usia. Mulai dari usia bayi, anak-anak, remaja, dewasa bahkan fashion model orang tua.

3. Benda Elektronik

Produk yang bisa dikirimkan oleh jasa pengiriman jalur darat lainnya adalah benda elektronik. Seperti, kulkas, televisi, laptop, komputer, ponsel, tablet, AC, kipas angin, radio dan masih banyak lagi.  

Bisa dibilang benda elektronik termasuk cukup mengkhawatirkan bila pengirimannya jarak jauh. Bukan hanya karena rentan mengalami kerusakan saja, tapi juga harganya cukup mahal.  

Bila nantinya dibawa oleh jasa yang tidak bertanggung jawab, kerugiannya akan cukup besar. Untuk itulah sangat penting memilih jasa yang memang terpercaya untuk meminimalisir risiko mengalami kerugian selama proses pengiriman barang.

4. Furniture

Beberapa produk furniture, seperti lemari, kursi, meja, rak buku dan sejenisnya bisa dikirimkan lewat ekspedisi jalur darat. Karena ukuran produknya besar, tentunya bukan dikirimkan melalui sepeda motor.  

Jasa pengiriman akan mengangkutnya menggunakan kendaraan khusus, seperti mobil, truk atau kontainer. Mengenai pemilihan jenis kendaraannya menyesuaikan dengan jenis produk yang dibawa.

5. Makanan dan Minuman

Berbagai jenis makanan dan minuman bisa dikirimkan oleh jasa. Baik itu makanan dan minuman yang memiliki daya tahan lama maupun tidak. Biasanya untuk jenis produk dengan daya tahan singkat, akan dikirimkan pada saat itu juga.  

Sedangkan produk dengan daya tahan lama, bisa dikirimkan selama beberapa hari. Jadi, tidak bermasalah bila pengirimannya antar wilayah dengan jarak tempuh cukup jauh.

6. Kendaraan

Kategori benda terakhir yaitu kendaraan. Pengiriman kendaraan sebenarnya bisa melalui jalur darat maupun laut. Tapi, biasanya untuk pengiriman yang tidak harus melewati perairan dengan jarak tempuh dekat, jalur darat sudah cukup.  

Bisa juga kombinasi keduanya. Ketika kendaraan seperti, sepeda, motor, mobil atau lainnya sudah sampai pelabuhan, untuk proses pengiriman lanjutan menuju alamat tujuan akan dilakukan oleh ekspedisi jalur darat.  

Sebenarnya masih banyak produk yang bisa dikirimkan lewat jalur satu ini, seperti farmasi dan spare part kendaraan. Terkait tarif menggunakan jasa pengiriman jalur darat tergantung dari ukuran dan berat produk, serta jarak tempuhnya.

Posting Komentar untuk "Kategori Benda yang Bisa Dikirimkan Melalui Jasa Pengiriman Jalur Darat"