Tips Cermat Belajar Matematika untuk Anak Jenjang Sekolah Dasar

Tahap sekolah dasar memang menjadi langkah awal untuk anak-anak yang baru mengenal kondisi sekitarnya. Maka dari ittu, mereka membutuhkan cara mudah belajar Materi Matematika supaya cepat memahaminya.

Akan tetapi, perlu kita sadari bahwa cara belajar anak sekolah dasar (SD) memang berbeda dengan jenjang SMP, SMA, maupun kuliah. Proses belajar yang kurang tepat ketika masih SD bisa mempengaruhi perkembangan siswa di masa mendatang.

Supaya aktivitas belajar matematika menjadi lebih mudah dan menyenangkan, sebaiknya orangtua mencoba mengikuti beberapa cara berikut. 

Mulai dari Hal Paling Dasar

Cara mudah belajar matematika ketika masih duduk di bangku SD adalah dengan memulai dari hal paling dasar dulu. Misalnya, sebelum belajar cara menghitung, dapat memulai dengan mengenal nama dan bentuk angka.

Langkah selanjutnya, ketiak sudah kelas 4 hingga jelas 6 SD, coba untuk mengulang kembali sedikit pelajaran di tingkat sebelumnya agar lebih mudah mengerti pelajaran berikutnya.

Orangtua dapat memanggil guru agar anak tidak belajar sendirian atau merasa bosan. Dengan belajar bersama, anak akan memiliki banyak kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi mengenai materi yang lupa atau belum dipahami. 

Memanfaatkan Imajinasi Anak

Imajinasi anak tingkat SD yang masih berumur 6 hingga 12 tahun berhubungan dengan cara berpikir yang abstrak. Jadi, keterampilan mereka sebenarnya lebih besar dan kreativitas dirinya lebih terstruktur.

Anak bisa beriminajinasi tanpa perlu bersentuhan dengan mainan atau barang yang mirip untuk mewujudkan imajinasinya. Imajinasi ini ternyata mempunyai banyak manfaat untuk perkembangan anak.

Misalnya, perkembangan kemampuan dalam melakukan komunikasi, bahasa, dan sebagai cara yang efektif untuk belajar materi matematika. 

Memanfaatkan Barang yang Ada di Sekitar

Barang seperti uang koin, kaleng, kertas, kancing, atau kerikil pun bisa kita jadikan alat untuk memudahkan anak belajar matematika tingkat SD. Hal ini karena matematika jauh lebih mudah diajarkan saat ada unsur keterlibatan langsung dan anak melihat semua benda secara fisik, apalagi untuk memahami sebuah konsep.

Dengan memanfaatkan benda yang berada di sekitar untuk belajar materi matematika, anak akan lebih mengingat materi pelajaran yang berhubungan dengan penjumlahan, pengurangan, dan sejenisnya.

Itulah beberapa tips yang bisa orangtua terapkan agar anak semakin semangat belajar matematika.

Mau tahu lebih banyak tips yang bermanfaat untuk dunia pendidikan anak? Kunjungi saja madematika.id. Blog personal ini membahas berbagai hal terkait pendidikan, matematika, dan teknologi secara lengkap.

Selain itu, ada banyak Latihan Soal Matematika yang bisa diakses untuk mengasah pemahaman anak terhadap materi matematika yang sudah dipelajari. Semakin tahu, semakin banyak ilmu bersama madematika.id. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tips Cermat Belajar Matematika untuk Anak Jenjang Sekolah Dasar "