Mitos Mengatasi Cegukan Pada Bayi dan Fakta Sebenarnya

Pada umumnya, cegukan bisa dialami siapa saja, termasuk bayi sekali pun. Bayi baru lahir hingga berusia satu tahun wajar mengalami cegukan. Salah satu faktor penyebabnya ialah terlalu banyak menelan udara ketika menyusui.

Di Indonesia sendiri, banyak bermunculan mitos-mitos seputar cegukan yang beredar di masyarakat. Apa saja mitos cara mengatasi cegukan pada bayi? Yuk cari tahu di pembahasan berikut! 

Mitos Seputar Cegukan Pada Bayi

Mitos seputar cegukan yang dialami bayi antara lain:

Bayi Harus Dikagetkan Supaya Cegukannya Hilang

Banyak orang yang masih berpikiran jika bayi cegukan, cegukannya bisa dihilangkan dengan cara dikagetkan. Alih-alih mengatasi cegukan, cara tersebut justru bisa membahayakan si kecil.

Memukul Punggung Bayi

Memukul punggung bayi juga menjadi salah satu mitos untuk menghilangkan cegukan pada bayi. Padahal, cara ini juga bisa membahayakan kondisi fisik bayi.

Menahan Napas Bayi

Trik menahan napas untuk mengatasi cegukan sebenarnya lebih disarankan kepada orang dewasa. Namun, beberapa orang ternyata masih meyakini bahwa cara ini juga bisa diterapkan kepada bayi yang cegukan. Salah-salah, bisa saja membahayakan nyawa si kecil.

Fakta yang Mematahkan Mitos Seputar Cegukan Pada Bayi

Dibalik mitos-mitos tersebut, terdapat fakta yang mematahkannya. Adapun beberapa fakta yang telah mematahkan mitos seputar cegukan pada bayi di atas ialah sebagai berikut: 

  • Sistem saraf yang dimiliki bayi belum berfungsi secara sempurna, sehingga ia rentan mengalami trauma jika dikagetkan. 
  • Tulang punggung bayi masih sangatlah lunak dan belum tumbuh sempurna. Ia tentunya akan merasa kesakitan jika Bunda memukul-mukul punggungnya. Sebaiknya, Bunda mengusap atau menepuk-nepuk punggungya secara perlahan untuk mengatasi cegukan pada bayi. 
  • Perlu diketahui bahwa bayi belum mampu mengontrol napas dengan baik. Apabila Bunda menahan napasnya, justru bisa berisiko pada kematian.

Demikianlah ulasan mengenai mitos-mitos yang berkembang di masyarakat sebagai cara mengatasi cegukan pada bayi dan fakta yang mematahkannya. Sebagai orang tua, Bunda wajib memerhatikan kesehatan si kecil dan memenuhi kebutuhannya. Salah satunya selalu stok Popok Merries Premium Tape New Born.

Dilengkapi tiga lapisan bersirkulasi, popok ini akan mengalirkan udara dengan lancar dan membuat kulit bayi bebas bernapas. Selain itu, terdapat alarm penanda pipis yang memudahkan Bunda untuk mengganti popok si kecil.

Alarm ini memiliki garis kuning yang akan berubah warna menjadi biru apabila popok sudah penuh. Langsung saja pesan popok Merries Premium Tape New Born di merries.co.id! Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Mitos Mengatasi Cegukan Pada Bayi dan Fakta Sebenarnya"