Yuk Ketahui Tips Menarik Perhatian Audiens Ketika Presentasi

Kemampuan public speaking merupakan bagian dari kegiatan yang ingin memberikan dampak kepada banyak orang dengan menyampaikan beberapa pesan. Tujuan melakukan presentasi adalah menghibur, menginspirasi, maupun mengajak audiens melakukan sesuatu aksi.

Ketika Anda ingin mendapat efek yang besar dari sebuah presentasi, maka Anda harus mampu menarik perhatian audiens. Lalu, bagaimana caranya? Yuk, simak pembahasannya berikut ini agar presentasi Anda semakin memukau. 

Menggunakan Pertanyaan Ketika Membuka Presentasi

Anda bisa melempar pertanyaan di awal presentasi untuk menarik perhatian audiens. Misalnya, pertanyaan terkait kehidupan sehari-hari atau tema yang akan Anda bahas. Hal ini akan membuat audiens antusias untuk menjawab pertanyaan sehingga muncul interaksi yang mampu menentukan bagaimana presentasi itu nanti berjalan.

Memanfaatkan Bahasa Tubuh

Komunikasi secara fisik yang baik akan menimbulkan dampak mendalam terhadap pesan yang Anda sampaikan kepada audiens. Oleh sebab itu, latih bahasa tubuh dengan baik dan buat kontak mata saat berbicara dengan audiens.

Ketika berdiri di depan banyak audiens, usahakan memiliki sikap tubuh yang santai dan tidak kaku. Anda juga bisa bergerak sesuai dengan ruangan yang tersedia.

Hindari menyilangkan lengan, memasukan tangan ke saku, atau menggenggam tangan di belakang tubuh. Bahasa tubuh seperti itu terlihat bossy di hadapan audiens.

Memperhatikan Nada Suara

Nada dan cara bicara Anda bisa memberikan dampak yang signifikan terhadap bagaimana pesan yang audiens terima. Bicaralah dengan jelas dan percaya diri. Anda perlu memastikan bahwa audiens yang duduk di baris belakang dapat mendengar suara Anda.

Akan tetapi, jangan sampai berbicara terlalu keras sehingga membuat audiens yang duduk di barisan depan mengalami sakit pendengaran.

Rasa gugup bisa yang Anda alami bisa membuat Anda berbicara dengan cepat sehingga sesi presentasi segere selesai. Tetapi, hal ini membuat poin yang ingin Anda sampaikan menjadi sulit untuk audiens pahami.

Cobalah untuk berbicara dengan santai dan menggunakan kecepatan bicara yang bervariasi untuk menarik perhatian audiens. Kendalikan kecemasan Anda karena gugup yang berlebihan akan menghilangkan konsentrasi Anda ketika menyampaikan pesan.

Jika Anda merasa masih bingung, Anda bisa mengikuti kelas public speaking dari Arkademi. Bersama Arkademi, Anda akan mendapat ilmu baru terkait cara menjadi pembicara yang profesional.

Tenang saja, kini sudah hadir aplikasi Arkademi yang membuat Anda semakin mudah dalam belajar public speaking.

Yuk, latih kemampuanmu dengan mencari tahu pertanyaan untuk melatih public speaking bersama Arkademi. Cek informasi selengkapnya hanya dengan mengakses arkademi.com. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk " Yuk Ketahui Tips Menarik Perhatian Audiens Ketika Presentasi"