5 Penyebab Bayi Menolak Menyusu dan Tips SehatQ.com untuk Mengatasinya

penyebab bayi menolak menyusu
source: https://berkeluarga.id/

Bayi yang tidak mau menyusu pastinya mampu membuat Bunda pusing. ASI adalah asupan penting bagi bayi karena kandungan nutrisinya yang beragam. Melansir dari Media Kesehatan Terpercaya, buah hati yang kekurangan ASI akibat menolak menyusu bisa mengalami masalah kesehatan yang mengganggu perkembangannya.

Perilaku bayi yang menolak menyusu sebenarnya mnerupakan hal yang sangat umum terjadi. Hal ini adalah salah satu cara bayi mengatakan bahwa ada hal yang menganggu kenyamanannya saat menyusu sehingga si Kecil tidak menikmati momen sepsial bersama Bunda ini.

Ada beberapa hal yang membuat bayi menolak untuk menyusu. Apa saja itu? Berikut ini penyebab dan tips dari SehatQ.com untuk mengatasinya.

Ibu Memiliki Puting Datar

Tidak semua bayi dapat menyusu secara langsung dari puting ibu yang berbentuk datar, terutama bayi baru lahir. Hal inilah yang kemudian mendorong bayi menolak untuk menyusu.

Bunda bisa mengatasinya dengan menggunakan pompa ASI. Pompa tersebut akan membantu mengangkat puting sebelum bayi menyusu. Dengan cara ini, harapannya buah hati menjadi lebih mudah dan mau untuk menyusu.

Posisi Menyusui yang Salah

Posisi menyusui yang salah bisa membuat bayi merasa kurang nyaman sehingga bayi menolak untuk menyusu.

Hal ini bisa Bunda atasi dengan cara mempraktekan posisi yang benar saat menyusui buah hati. Misalnya, memastikan kepala bayi lebih tinggi daripada tubuhnya supaya bayi lebih mudah menelan ASI.

Menurunnya Jumlah ASI

Sedikitnya jumlah ASI yang diisap oleh bayi dapat membuatnya merasa frustasi dan tidak mau menyusu. Jika memang hal ini yang menyebabkan buah hati menjadi menolak untuk menyusu, beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk meningkatkan jumlah ASI adalah memperbanyak minum air putih dan mengonsumsi makanan kaya gizi.

Jika perlu, Bunda bisa mengonsumsi suplemen atau booster ASI dan susu khusus ibu menyusui. Cara ini dapat membantu tubuh Bunda menghasilkan ASI yang melimpah.

Bayi Tumbuh Gigi

Biasanya, bayi yang mulai tumbuh gigi di usia 6 hingga 12 bulan. Ketika gigi bayi akan tumbuh, maka muncul rasa kurang nyaman pada bagian gusinya. Hal inilah yang kemudian dapat membuat si Kecil menolak untuk menyusu.

Guna membantu menghilangkan rasa tidak nyaman pada buah hati, Bunda bisa mengusap gusinya menggunakan handuk dingin atau jari Bunda sebelum mulai menyusui. Apabila bayi menggigit payudara Bunda ketika menyusu, cobalah untuk tetap tenang dan meletakkan jari pada bagian mulutnya untuk menghentikan bayi.

Bayi Mengalami Pilek

Pilek dan hidung tersumbat juga dapat mengakibatkan bayi sulit bernapas saat menyusu. Gejala ini juga dapat terjadi jika buah hati mengalami infeksi saluran pernapasan seperti pneumonia. Keadaan ini dapat menyebabkan bayi merasa kurang nyaman, rewel, dan akhirnya tidak mau menyusu.

Bunda bisa mengatasinya dengan cara memastikan kelembapan dan suhu udara dalam ruangan bayi tetap terjaga dan susui buah hati dengan perlahan. Kemudian, bersihkan ingus dengan kain lembut dan pastikan si Kecil mendapat waktu istirahat yang cukup supaya cepat sembuh.

Apabila Bunda telah melakukan cara di atas, namun bayi masih belum mau menyusu atau justru mengalami demam atau sesak napas, Bunda bisa langsung membawanya ke dokter supaya bayi mendapat perawatan yang tepat.

Demikianlah beberapa penyebab dan cara mengatasi bayi yang tidak mau menyusu. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kesehatan, Bunda bisa langsung mengunjungi SehatQ.com. Platform tersebut menyajikan berbagai informasi seputar kesehatan, mulai dari gejala atau tanda penyakit, cara mencegah, sampai cara mengatasinya.

Selain itu, Bunda juga bisa memperluas pengetahuan terkait kesehatan seksual, hubungan bersama pasangan, hingga kontrasepsi dengan mengakses RomanXa.id. Semoga ulasan tadi dapat menambah wawasan Sobat Tanya Nabila dalam bidang kesehatan.

Posting Komentar untuk "5 Penyebab Bayi Menolak Menyusu dan Tips SehatQ.com untuk Mengatasinya"