Yuk Ketahui Beragam Kriteria Menstruasi yang Sehat dan Normal

kriteria menstruasi sehat dan normal
source: cms.gooddoctor.co.id

Tidak semua wanita bisa berbicara soal menstruasi kepada orang lain secara terbuka. Oleh sebab itu, banyak dari kita yang mungkin tidak tahu bagaimana haid yang sehat dan normal. Nah, supaya Sobat Tanya Nabila lebih paham, simak ulasan berikut ini sampai selesai.

Tepat Waktu

Tepat waktu artinya menstruasi datang sesuai dengan kalender haid pada setiap bulannya. Waktunya cukup beragam pada setiap wanita, namun umumnya menstruasi terjadi selama 21-35 hari sekali.

Satu siklus menstruasi terhitung dari hari pertama perdarahan (tidak termasuk flek yang muncul sebelumnya) sampai hari pertema keluarnya darah haid pada siklus selanjutnya.

Menstruasi memnag tidak selalu datang sesuai dengan siklusnya, misalnya setiap 28 hari sekali. Bisa jadi haid datang lebih cepat atau lebih lambat dari biasanya. Namun, jika datangnya terlalu dini atau terlalu lambat, bisa jadi itu tandanya hormon dalam tubuh sedang tidak seimbang.

Ketidakseimbangan hormon dalam tubuh pun bisa terjadi karena beberapa hal seperti stres atau keadaan medis lain. Hal itulah yang memicu haid cenderung lebih panjang dan disertai dengan beragam masalah metabolisme lain.

Tidak Menyakitkan

Beberapa wanita memberikan gambaran bahwa menstruasi merupakan waktu yang menyiksa karena harus merasakan nyeri yang sangat hebat. Haid yang terlalu menyakitkan menjadi tanda bahwa ada suatu masalah dalam tubuh dan harus segera memeriksakan diri ke dokter.

Biasanya, rasa tidak nyaman yang normal menyertai haid seperti nyeri di bagian perut bawah, kembung, dan sedikit diare.

Namun, apabila kamu merasakan sakit yang membuatmu tidak bisa melakukan aktivitas dan hampir terasa setiap sedang haid, kemungkinan ada gangguan hormonal, kelainan organ reproduksi, dan peradangan.

Pendarahan yang Tidak Berlebihan

Pendarahan saat haid normal akan berlangsung selama 2-8 hari, tidak sering disertai dengan bekuan atau darah yang bergumpal dan alirannya termasuk lancar. Volume darahnya pun beragam , namun beberapa ahli mengungkapkan bahwa dalam satu hari maksimal kamu bisa mengganti pembalut sebanyak 5 kali.

Namun, apabila kamu harus mengganti pembalut sampai puluhan kali karena volume darah terlalu banyak, kemungkinan besar kamu mengalami perdarahan hebat. Darah haid yang normal sekitar 10-35 ml selama sekali menstruasi.

Aliran darah ketika menstruasi yang lebih banyak dari biasanya bisa terjadi karena adanya keadaan medis tertentu atau homon dalam tubuh yang tidak seimbang. Maka dari itu, sebaiknya segera cek ke dokter untuk memastikan penyebabnya sehingga mendapatkan penanganan yang tepat.

Salah satu cara untuk mengetahui apakah haid tepat waktu atau tidak adalah dengan memanfaatkan kalender haid dari Dokter Bagus. Aplikasi Kalender Haid Saya berguna untuk membantu para wanita mencatat menstruasinya secara tertatur.

Dengan begitu, kamu bisa melihat perkembangan haid dan masa subur dengan lebih mudah. Tenang saja, aplikasi ini tidak harus kamu operasikan secara online, kamu pun bisa menggunakannya dalam keadaan offline.

Tunggu apa lagi? Yuk segera unduh Kalender Haid Saya di Play Store dan mulai catat menstruasimu secara rutin! Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Yuk Ketahui Beragam Kriteria Menstruasi yang Sehat dan Normal"