4 Wisata Air Terjun di Kalimantan Barat yang Wajib Dikunjungi

wisata air terjun di Kalimantan Barat
source: kalbarsepekan.com

Bicara tentang keindahan alam di Indonesia memang tidak akan ada habisnya. Selain Bali, Lombok, dan Raja Ampat, Bumi Pertiwi masih mempunyai ribuan destinasi wisata lain yang tak kalah memesona. Salah satunya yang tidak boleh dilewatkan adalah wisata air terjun di Kalimantan Barat.

Kalimantan Barat menyimpan banyak destinasi wisata menarik, seperti air terjun atau biasa juga dengan riam. Berikut ini 4 wisata air terjun di Kalimantan Barat yang telah dirangkum oleh Kalbar Sepekan. Yuk langsung disimak!

Air Terjun Gunung Poteng

Air terjun yang tersembunyi di Kalimantan Barat yang bisa kamu akses melewati Kota Singkawang. Dengan aliran yang tidak begitu deras, Air Terjun Gunung Poteng mengalir menyusuri eksotisme gugusan tebing batu.

Tidak hanya menyuguhkan panorama cantik, di kawasan air terjun kamu juga bisa menemui flora Raflessia dan fauna Beruang Madu hingga Trenggiling.

Air Terjun Mananggar

Wisata air terjun di Kalimantan Barat selanjutnya adalah Air Terjun Mananggar. Memiliki bentang yang cukup lebar, keeksotisan air terjun ini sering disandingkan dengan air terjun Niagara di perbatasan Kanada dan Amerika.

Dengan ketinggian dan aliran air yang cukup deras, panorama Air Terjun Mananggar merupakan salah satu spot terbaik untuk kamu abadikan dengan lensa kamera.

Air Terjun Riam Merasap

Terletak di Desa Sahan, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang, Air Terjun Riam Merasap berjarak lumayan jauh dari pusat Kota Bengkayang, yaitu sekitar 62 km.

Dinamakan Riam Merasap, karena aliran air terjun satu ini sangat deras, sehingga menciptakan kabut dingin dari percikan airnya yang jatuh. Dengan ukuran yang cukup besar, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti menuruni tebing dengan menggunakan tali hingga arung jeram.

Air Terjun Riam Pangar

Tak jauh dari Riam Merasap, terdapat Air Terjun Riam Pangar. Destinasi wisata satu ini terkenal dengan airnya yang jernih. Tidak hanya menikmati keindahan Riam Pangar, kamu pun bisa melakukan aktivitas lain seperti trekking di sekitar air terjun atau bermain air di kolam yang tersedia.

Bagi yang suka dengan olahraga air, cobalah aktivitas tubing di sekitar Riam Pangar. Aktivitas tubing dilakukan dengan menggunakan ban atau pelampung untuk berkeliling di sekitar air terjun. Aktivitas tersebut sangat menyenangkan dan bisa membuat kamu merasa lebih dekat dengan alam.

Itulah 4 destinasi wisata air terjun di Kalimantan Barat yang menawarkan panorama indah nan eksotis. Kamu bisa mendapatkan informasi seputar Kalimantan Barat lainnya, mulai dari berita, kuliner, wisata dan lain-lain hanya di Kalbar Sepekan. Semoga ulasan ini bermanfaat, ya!

Posting Komentar untuk "4 Wisata Air Terjun di Kalimantan Barat yang Wajib Dikunjungi"