Perbedaan Google Workspace dan G-Suite yang Perlu Diketahui

perbedaan google workspace dan g-suite
source: aderoni.com

Siapa yang tidak tahu dengan Google? Nama besarnya sebagai mesin pencari populer di dunia tidak perlu diragukan lagi. Namun, Google tidak hanya sebatas mesin pencari saja, terdapat banyak fitur dan layanan yang ternyata sering digunakan dalam keseharian.

Seiring dengan kebutuhan akan penggunaan teknologi yang bertambah, semakin banyak pula layanan dan fitur yang bisa Anda gunakan secara online. Google mampu memenuhi semua kebutuhan tersebut melalui berbagai layanan terbaiknya, seperti Google Workspace dan G-Suite.

Google Workspace merupakan serangkaian aplikasi pintar yang disediakan Google yang bisa mempermudah kinerja individu mau pun organisasi yang menggunakannya. Layanan satu ini merupakan pengembangan dari G-Suite dengan perubahan pada integrasi yang lebih dalam dan real time. 

Lalu, G-Suite adalah layanan Google yang berganti nama menjadi Google Workspace dengan akses fitur terbagi ke dalam beberapa level plan. Level plan tersebut memiliki harga berbeda untuk dibayarkan oleh pengguna. Semakin tinggi levelnya, semakin banyak fitur yang bisa Anda gunakan.

Perbedaan Google Workspace dan G-Suite

Google Workspace dan G-Suite sama-sama digunakan untuk mempermudah pekerjaan sebagai tempat penyimpanan data penting, kolaborasi dan lain-lain. Meski begitu, keduanya juga berbeda satu sama lain mulai dari fitur hingga utilitasnya.

Ditambah, Google Workspace merupakan versi terbaru dari G-Suite. Berikut ini adalah beberapa poin yang menjadi perbedaan antara kedua layanan dari Google tersebut. Di antaranya:

  • Google Workspace merupakan pengembangan dari G-Suite, sedangkan G-Suite merupakan layanan Google yang akhirnya lebih disempurnakan dengan Google Workspace.
  • Google Workspace diluncurkan pada tahun 2020, sementara G-Suite diluncurkan terlebih dahulu pada tahun 2016.
  • Layanan Google Workspace memberikan fasilitas pengalaman pengguna yang terintegrasi, sementara G-Suite tidak.
  • Google Workspace memiliki opsi tambahan yang tidak tersedia di G-Suite, seperti paket Business Plus, Enterprise Standard dan paket Enterprise Plus.
  • Google Workspace juga memiliki fitur tambahan berupa Google Meet dan Google Chat dengan sistem keamanan canggih, sedangkan G-Suite tidak memiliki fitur tersebut.

Sederhananya, perbedaan paling besar antara keduanya adalah Google Workspace memiliki aplikasi atau tools lebih lengkap dibandingkan G-Suite. Google Workspace juga lebih mudah digunakan dan bisa meningkatkan kolaborasi antar tim.

Jika ingin berlangganan Google Workspace, bisa langsung membeli paketnya di KunciHost. KunciHost merupakan reseller Google Workspace Indonesia yang telah melayani berbagai macam perusahaan di Indonesia. Harga yang bisa Anda dapatkan pun murah dan bersaing.

Agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah, disarankan untuk memilih opsi langganan tahunan. Cari tahu informasi lengkapnya di laman kuncihost.com. Semoga bermanfaat!

1 komentar untuk "Perbedaan Google Workspace dan G-Suite yang Perlu Diketahui"