Motivasi Kebaikan, Inilah Manfaat Bersedekah yang Perlu Kamu Tahu

Bersedekah menjadi suatu kewajiban bagi umat Islam untuk meringankan beban orang yang membutuhkan. Apalagi sekarang banyak sekali bermunculan lembaga-lembaga penyalur infaq, zakat, dan wakaf yang membuat sedekah jadi mudah.

Selain untuk membantu sesama, terdapat banyak sekali manfaat atau keutamaan yang bisa kamu dapatkan karena bersedekah. Yuk langsung simak beberapa manfaat sedekah di bawah ini! 

Menyucikan Diri

Dengan menyedekahkan harta yang kamu punyai, dosa-dosamu pun akan dihapuskan. Tentu saja hal ini bisa terjadi apabila kamu lakukan bersamaan dengan bertaubat atas dosa-dosa yang pernah diperbuat dan melakukan kebaikan-kebaikan lainnya.

Lakukan kewajiban yang harus kamu ikuti dan jauhi semua larangan-Nya, dengan begitu kamu akan mendapatkan pahala dan terhindar dari dosa. 

Pahala yang Berlipat Ganda

Bersedekah merupakan tindakan mulia yang sangat dihargai oleh Allah SWT. Balasan atau imbalan sedekah yang paling utama adalah mendapatkan pahala. Setelah bersedekah, pahala yang sudah kamu miliki akan dilipatgandakan.

Pahala yang kamu dapat bisa lebih besar lagi apabila kamu bersedekah benar-benar tulus dan murni dari dalam hati, tanpa orang lain mengetahuinya. Jadi, tidak ada maksud untuk riya’ atau ingin menyombongkan harta yang disedekahkan. 

Mendapat Imbalan Berlipat-lipat

Manfaat lain dari bersedekah adalah mendapatkan atau mendatangkan rezeki yang berlimpah. Banyak orang yang merasa takut hartanya habis atau jatuh miskin karena bersedekah.

Padahal, Allah SWT sudah menjanjikan balasan rezeki yang berlipat ganda, baik dalam bentuk uang atau rezeki lain yang tidak bisa dinilai dengan materi. 

Terhindar dari Bahaya

Masih ada sangkut-pautnya dengan poin sebelumnya, terhindar dari segala macam bahaya merupakan salah satu jenis rezeki yang tidak bisa dihitung dengan materi. Rasulullah SAW bersabda, yakni sedekah bisa menutup 70 pintu kejahatan dan bencana atau musibah tidak bisa mendahului sedekah. 

Sebagai Jaminan Hari Akhir

Orang-orang yang bersedekah termasuk dalam golongan yang akan mendapatkan naungan di hari akhir. Maksudnya, saat hari akhir telah tiba dan tidak ada yang bisa melindungi dari teriknya matahari di Padang Mahsyar nanti, orang yang melakukan sedekah dengan hati ikhlas sepanjang hidupnya akan berada di bawah naungan yang menyejukkan.

Hal ini bisa kamu dapatkan apabila bersedekah tanpa pamrih atau tidak ada maksud riya’, benar-benar tulus ikhlas karena ingin membantu sesama dan juga karena Allah SWT.

Bagi kamu yang bersedekah melalui sebuah lembaga atau platform, JadiBerkah.id bisa menjadi solusinya. Merupakan salah satu platform zakat infak sedekah dan wakaf online yang berada di bawah naungan Bank Syariah Indonesia.

Program unggulan yang bisa kamu ikuti adalah ISDP (Islamic Sociopreneur Development Program). ISDP ini akan memberikan bantuan modal dan pelatihan bisnis intensif untuk mahasiswa yang mempunyai produk unggulan dan juga unik.

Posting Komentar untuk "Motivasi Kebaikan, Inilah Manfaat Bersedekah yang Perlu Kamu Tahu"