Mengenal Profesi Software Developer dan Tugasnya

Profesi Software Developer

Bagi kamu yang tertarik dengan pekerjaan dunia digital, software developer mungkin bisa menjadi pilihan. Software developer ini adalah seseorang yang bertugas membangun dan menciptakan suatu produk. Mereka melakukannya dengan prinsip-prinsip desain dan implementasi rekayasa perangkat lunak.

Hal tersebut termasuk dalam kinerja, maintainability, skalabilitas, ketahanan, dan juga keamanan. Selain itu, mereka juga melakukan diagnosis terhadap masalah-masalah program serta memastikan bahwa kualitas program telah memenuhi syarat. Software developer kerapkali menggunakan berbagai macam bahasa pemograman.

Pekerjaan mereka memang sangat kompleks dan membutuhkan kemampuan lebih dalam bidang komputer, science, bahkan matematika. Pekerjaan developer akan terus mengalami revolusi seiring dengan berkembangnya teknologi, sehingga perlu sering belajar untuk kemajuan dirinya sendiri. Termasuk mengikuti sertifikasi IT specialist.

Setelah mengetahui sedikit tentang apa itu software developer, kamu juga perlu mengetahui apa saja tugas dari seorang pengembang perangkat lunak ini. Yuk langsung simak pembahasannya di bawah ini!

Tugas Seorang Software Developer 

  • Memodifikasi software untuk memerbaiki kerusakan, mengadaptasi hardware baru, dan untuk mengembangkan kinerjanya. 
  • Mengembangkan serta mengarahkan pengujian sistem perangkat lunak dan prosedur validasi, pemograman, dan dokumentasi. 
  • Melakukan kolaborasi dengan system analyst, programmer, dan pekerja lain dalam mendesain sistem dan aplikasi. 
  • Melakukan analisis kebutuhan pengguna dan software untuk menentukan kelayakan desain. 
  • Merancang, mengembangkan, serta memodifikasi sistem perangkat lunak dengan menggunakan analisis ilmiah dan model matematika.
  • Maintenance sistem yang sudah ada dengan melakukan pengawasan dan juga memerbaiki kesalahan. 
  • Bertemu dengan klien dan project manager untuk merancang dan menciptakan sistem baru. 
  • Merancang, menulis, membaca, testing, dan memerbaiki kode untuk software yang baru. 
  • Mendokumentasikan setiap update terbaru dari perangkat lunak.

Tak hanya mahir dalam bidang komputer dan bahasa pemograman, namun seorang software developer juga harus memiliki beberapa kemampuan atau skill lain untuk menunjang pekerjaannya. Yang pertama adalah kemampuan dalam menyelesaikan masalah. Sebab, banyak yang harus mereka hadapi seperti kode pemograman yang bisa saja gagal atau ada kesalahan di tengah jalan.

Seorang developer akan mempunyai banyak proyek yang harus dikerjakan bersama dengan tim, sehingga kamu perlu banyak belajar untuk lebih kooperatif. Sebab, kamu tak hanya akan bekerja dengan tim internal saja, bisa juga dengan tim eksternal seperti klien.

Selain itu, kamu juga perlu memiliki detail-oriented karena butuh ketelitian tingkat tinggi agar tidak ada kesalahan atau salah huruf pada saat mengerjakan, merancang, dan juga coding. Pekerjaan satu ini sangatlah penting untuk mendapatkan sertifikasi agar karier di bidang IT semakin diakui, salah satunya dengan ikut ujian sertifikasi di MyEduSolve. 

MyEduSolve adalah sebuah perusahaan yang menyediakan berbagai ujian sertifikasi internasional yang bisa membantumu dalam memenuhi kualifikasi dan juga standar di dunia kerja digital seperti software development ini. Dengan mengikuti ujian sertifikasi resmi di MyEduSolve, kamu akan memiliki nilai lebih di hadapan perusahaan atau tempat kerja yang dituju

Posting Komentar untuk "Mengenal Profesi Software Developer dan Tugasnya"

List Blog Keren Rajabacklink