Pengusaha Wajib Tahu, Inilah Alasan Mengapa Harus Beralih ke Bisnis Digital

alasan harus beralih ke bisnis digital

Seiring berkembangnya zaman, orang menjadi lebih banyak menghabiskan uang secara online. Hal inilah yang mengakibatkan pengalihan bisnis ke saluran digital. Perkembangan ekonomi secara digital membuat masyarakat semakin dekat dengan produk maupun layanan virtual. Hal tersebut mendorong banyak perusahaan berkompetisi dalam dunia bisnis digital.

Bisnis digital adalah sebuah usaha yang menawarkan produk maupun layanan secara online, seperti melalui aplikasi atau website. Pesatnya pertumbuhan bisnis pada era ini mampu terus berkembang dan menjangkau masyarakat global.

Perlu kita ketahui, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari bisnis digital tersebut sehingga usaha menjadi lebih baik dan untung. Selain itu, masih banyak alasan mengapa seorang pengusaha harus segera beradaptasi dan beralih ke dunia digital. Berikut ini ulasannya.

Peluang Besar dari Pengguna Internet

Indonesian Digital Report for 2021 dari Hootsuite & We are Social, menunjukkan bahwa Indonesia memiliki masyarakat pengguna internet sebesar 202,6 juta jiwa atau setara dengan 73,7% dari total populasi di Indonesia.

Hasil dari riset tersebut menjadi sebuah peluang untuk kita memngembangkan bisnis digital yang menjanjikan. Kesempatan besar ini sangat sayang untuk kita lewatkan. Kita harus memanfaatkannya dengan sangat baik dan bijaksana.

Penerapan Marketing yang Lebih Terorganisir

Ketika kita melakukan bisnis secara digital, maka kegiatan marketing pun juga bisa kita lakukan dengan cara daring. Saat ini, pengguna internet Indonesia sangat masif dalam menggunakan mesin pencarian. Tidak hanya itu, mereka juga sangat aktif menggunakan media sosial.

Oleh karena itu, fakta tersebut dapat kita manfaatkan untuk membuat strategi marketing yang lebih terarah dan tertarget. Promosi sebuah produk merupakan kunci untuk mengenalkan bisnis kita lebih luas lagi. 

Selain itu, ini adalah peluang bagus untuk meningkatkan branding dan rasa ketertarikan masyarakat terhadap produk atau layanan yang kita tawarkan.

Bisnis Berkesempatan Go-International

Dengan menggunakan internet, bisnis yang kita jalankan menjadi tidak mengenal batasan geografis, seperti kota, provinsi, negara, maupun benua. Hal ini menjadi kesempatan kita menjalan bisnis dengan target global.

Misalnya, kita menjalankan binis di Jakarta, maka bukan hal mustahil jika orang yang berada di Amerika, Australia, bahkan Eropa menjadi pelanggan kita. Sangat mungkin sekali jika produk atau layanan kita sampai mendunia saat ini. Oleh karena itu, perlu memahami lebih dalam untuk memulai dan mengembangkan usaha menjadi bisnis digital.

Tingginya penerapan teknologi dan internet di Indonesia, membuat setiap usaha membutuhkan transformasi dari konvesional menjadi digital. Bagi pengusaha yang masih menggunakan toko offline saja, sekarang perlu memperkuat posisinya dengan memanfaatkan media sosial atau website.

Hal tersebut sangat berguna untuk menjangkau pelanggan pada berbagai digital touchpoint. Salah satu kunci sukses dari bisnis digital adalah penyediaan teknologi transaksi secara digital yang aman dan mudah.

Perlu kita ketahui bahwa teknologi untuk transaksi digital sudah mendapat dukungan secara masif dari pemerintah melalui Bank Indonesia yang merilis Blueprint Sistem Pembayaran 2025 atau BSPI 2025. BSPI 2025 sangat penting untuk menentukan arah kebijakan sistem pembayaran di era digital.

Salah satu hasilnya adalah Standar Nasional Open API Pembayaran yang mengatur semua hal tentang standar dan keamanan pembukaan bank sehingga transaksi dan pertukaran data menjadi lebih terlindungi.

Oleh sebab itu, kita bisa selangkah lebih awal menuju kesuksesan bisnis digital jika mengintegrasikan usaha kita dengan BRIAPI. Selain kita bisa menyediakan akses pembayaran terbaik untuk pelanggan, kita juga dapat mengelola keuangan bisnis dengan mudah.

Tunggu apa lagi? Yuk beralih ke dunia bisnis digital bersama BRIAPI. Kunjungi developers.bri.co.id untuk informasi lebih lanjut. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Pengusaha Wajib Tahu, Inilah Alasan Mengapa Harus Beralih ke Bisnis Digital"