Mengulik Beragam Fungsi Vitamin D Untuk Kesehatan Tubuh

beragam fungsi vitamin D untuk kesehatan tubuh

Vitamin D merupakan vitamin yang terbentuk secara alami saat kulit terpapar sinar matahari secara langsung. Maka dari itu, banyak ahli yang menganjurkan kita untuk berjemur. Kita bisa memenuhi kebutuhan vitamin D tubuh dengan cukup melalui sinar matahari. 

Banyak fungsi vitamin D untuk kesehatan sehingga kita perlu memerhatikan asupannya dalam tubuh. Selain dari paparan langsung sinar matahari, kita juga bisa memperoleh vitamin D dari berbagai makanan, seperti kuning telur, ikan dan banyak lagi makanan sumber vitamin D. 

Perlu kita ingat bahwa vitamin D sangat kita butuhkan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Banyak alasan mengapa kita sangat membutuhkan asupan vitamin D yang cukup. Berikut ini manfaat vitamin D bagi tubuh.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Vitamin D memiliki tugas untuk mengatur aktivitas gen dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, vitamin ini bisa membuat tubuh mampu melawan berbagai infeksi dengan efektif. Kita perlu memenuhi kebutuhan vitamin D setiap hari agar terhindar dari risiko flu maupun gangguan kesehatan lain yang berkaitan dengan sistem pernapasan.

Menjaga kesehatan jantung

Dalam hal ini, vitamin D berguna untuk mencegah menumpuknya protein secara berlebihan. Penumpukan protein dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan memperkeras arteri.

Terdapat beberapa penelitian yang menyatakan bahwa tubuh yang defisiensi vitamin D dapat mempunyai risiko lebih tinggi mengalami penyakit kardiovaskuler. Penyakit tersebut berupa stroke, arteri tersumbat, dan jantung.

Selain itu, banyak penelitian yang menunjukkan adanya hubungan antara kekurangan vitamin D dengan peningkatan berbagai penyakit jantung. Masalah kesehatan yang bisa terjadi seperti gagal jantung dan jantung iskemik.

Mencegah kanker

Vitamin D mempunyai hormon aktif yang bernama Calcitriol. Hormon tersebut mampu mengurangi perkembangan, mengurangi penambahan maupun penyebaran sel kanker dalam tubuh. Selain itu, Calcitriol berfungsi untuk menghambat perkembangan pembuluh darah baru pada jaringan kanker.

Pemenuhan asupan vitamin D yang cukup dapat menjauhkan kita dari risiko kanker. Hal tersebut karena vitamin ini mempunyai efek anti karsinogenik. Hubungan vitamin D dan rendahnya risiko kanker telah terbukti dengan banyaknya riset. 

Berdasarkan penelitian dan data epidemiologi menyatakan bahwa vitamin D bisa membantu mencegah pertumbuhan kanker prostat, kanker payudara, dan kanker pada usus besar.

Menjaga kesehatan tulang

Sudah bukan rahasia lagi, jika kalsium dan fosfor merupakan nutrisi yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Vitamin D berguna untuk mengatur kadar kalsium dan menjaga kadar fosfor dalam darah. Oleh karena itu, tubuh kita sangat membutuhkan vitamin D agar usus mampu menyerap kalsium dari ginjal.

Selain itu, vitamin D juga membantu membangun tulang dan gigi agar kuat dan sehat. Apabila kita mengalami kekurangan asupan vitamin D dalam jangka waktu yang panjang, maka tulang akan rapuh dan rentan patah.

Vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang. Oleh sebab itu, kita harus memenuhi kebutuhan harian vitamin yang satu ini. Banyak sumber vitamin D yang bisa kita temui dengan mudah. Selain makanan, kita bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin D.

suplemen vitamin D CDR

CDR merupakan suplementasi kalsium dan vitamin D yang aman untuk orang dewasa, ibu hamil dan menyusui. Banyak varian produknya yang bisa kita sesuaikan dengan tujuan konsumsi.

Apabila kamu membutuhkan informasi yang lebih detail mengenai fungsi vitamin D untuk tulang, kamu bisa mengunjungi cdr.co.id. Mari jaga kesehatan tulang bersama CDR. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Mengulik Beragam Fungsi Vitamin D Untuk Kesehatan Tubuh"