Bunda Perlu Peka, Inilah Alasan Anak Belum Bisa Baca Tulis

alasan anak belum bisa baca tulis

Saat ini ternyata masih banyak anak Indonesia yang belum mampu membaca dan menulis. Oleh sebab itu, BIBA sebagai bimbingan baca dan matematika hadir menjadi sebuah solusi.

Perlu Bunda ketahui bahwa banyak hal yang mendorong anak menjadi belum bisa membaca dan menulis padahal anak seusianya sudah bisa. Bunda harus mengetahui faktor penyebab tersebut agar mampu memberikan motivasi kepada anak untuk mau belajar.

Berikut ini rangkuman penyebab anak belum bisa baca dan tulis. Simak ulasannya sampai selesai, ya!

Telah Bosan

Banyak hal yang dapat menyebabkan anak merasa bosan dengan kegiatan baca tulis. Hal ini biasanya terjadi karena adanya tuntutan dari orang tua yang terlalu berlebihan kepada mereka. Tidak jarang orangtua memilih untuk memarahi anak ketika buah hati bermain dan langsung menyuruhnya untuk belajar baca tulis di rumah.

Belajar terlalu sering di rumah dapat mendorong rasa malas baca tulis pada anak. Hal ini karena mereka merasa sudah belajar terlalu banyak sehingga ketika belajar di sekolah akan melampiaskannya dengan bermain dan bermalas-malasan.

Peralatan Menulis Kurang Memadai

Setiap orang pasti sudah tahu jika alat yang baru dapat membangkitkan anak-anak untuk menggunakannya. Ketika alat tulisnya kurang menarik, anak akan kehilangan antusiasnya untuk menulis maupun membaca.

Semangat akan semakin menurun saat anak merasa minder karena teman-temannya mempunyai peralatan menulis yang bagus. Oleh sebab itu, anak sangat membutuhkan motivasi, setidaknya untuk menumbuhkan rasa penasaran dan semangatnya karena barang yang mereka miliki.

Tidak Percaya Diri

Anak yang tumbuh dengan rasa kurang percaya diri memang memerlukan cara belajar yang berbeda. Beberapa anak akan merespon tidak bisa dan tidak mau ketika pengajar atau orangtuanya menyuruhnya membaca dan menulis. Hal ini terjadi karena mereka sudah merasa takut sebelum mencoba.

Oleh sebab itu, orangtua sebaiknya tidak terlalu menekan atau memberikan target tertentu pada anak. Apabila pengetahuan Bunda sangat minim untuk mendidik anak usia dini, Bunda bisa memasukkan buah hati ke bimbingan baca dan tulis yang sudah ada saat ini.

BIBA merupakan tempat bimbingan yang siap membantu Bunda untuk mendampingi buah hatinya dengan memberikan bimbingan terbaik guna mengasah kemampuan baca, tulis, berhitung, dan berbahasa Inggris.

Tenang saja, tempat Les Baca Tulis Anak ini memiliki metode yang unggul, pengajar yang sabar dan kompeten, serta fokus pada proses pembelajaran. Untuk informasi lebih lanjut, Bunda bisa mengujungi biba-anak.com. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Bunda Perlu Peka, Inilah Alasan Anak Belum Bisa Baca Tulis"