Tips Cegah Neuropati yang Bisa Orang Tua Terapkan di Keluarga

Di rumah, sosok Ayah dan Bunda adalah pahlawan bagi anak-anaknya. Setiap perilaku orang tua selalu mereka contoh, agar bisa sama seperti Ayah dan Bundanya. Termasuk dalam menjaga kesehatan.

Apabila anak melihat orang tua yang sering mengonsumsi makanan tidak sehat, malas-malasan, terlalu sibuk bermain gadget, kemungkinan besar mereka akan turut menirunya karena merasa apa yang dilakukan Ayah dan Bunda merupakan suatu hal yang benar.

Mulai sekarang, ubah kebiasaan itu ya, parents! Sebab, perilaku tidak sehat sering menjadi pemicu berbagai macam penyakit. Misalnya, tidak suka olahraga atau ketika duduk dalam waktu yang lama, tidak sering mengubah posisi. Hal tersebut bisa membuat Ayah dan Bunda merasakan kebas atau kesemutan. 

tips cegah neuropati yang bisa orang tua terapkan di keluarga

Kesemutan ini juga bisa menjadi suatu gejala gangguan kesehatan, salah satunya neuropati. Neuropati merupakan gejala gangguan saraf tepi yang ada di tubuh. Selain kesemutan, gejala lain dari neuropati adalah mati rasa sementara atau permanen, sensasi seperti ditusuk atau terbakar hingga kelumpuhan.

Oleh karena itu, penting sekali untuk selalu menjaga saraf sehat karena jaringan saraf bisa berpengaruh pada anggota tubuh lainnya. Agar terhindar dari risiko neuropati, yuk simak ulasan mengenai Tips Ngerti atau Tips Ngelawan Neuropati berikut ini!

Olahraga Rutin

Berolahraga secara rutin memang mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk mencegah neuropati. Ayah dan Bunda bisa mengajak anak-anak berolahraga bersama, seperti jogging atau bersepeda keliling kompleks. Minimal 30 menit setiap harinya.

Apabila masih takut dengan penyebaran virus COVID-19, orang tua bisa mengajak olahraga ringan di rumah seperti melakukan pemanasan ringan, main lempar-tangkap bola dan sebagainya.

Mengonsumsi Makanan Kaya Vitamin B

Asupan makanan juga menjadi salah satu cara penting dalam mencegah neuropati. Usahakan untuk selalu mencukupi kebutuhan vitamin B dengan mengonsumsi protein, sayuran, buah-buahan dan biji-bijian untuk menjaga kesehatan saraf.

Bunda harus pintar-pintar mengolah makanan tersebut agar anak-anak menyukainya. Ajak mereka untuk memasak bersama agar lebih antusias dengan makanan yang akan disantapnya.

Berhenti Merokok dan Kurangi Alkohol

Bagi Ayah yang memiliki kebiasaan merokok dan minum alkohol, yuk lekas dikurangi atau berhenti sekalian. Pasalnya, dua hal ini bisa menyebabkan kerusakan saraf. Selain itu, merokok juga bukan hal yang patut dicontoh bagi anak-anak.

keluarga sehat bebas neuropati

Sebagai NeuroHero, memberikan contoh dan pola hidup yang sehat bagi anak adalah suatu keharusan. Ayah dan Bunda, mari terapkan tips Ngerti di atas agar keluarga terhindar dari risiko neuropati. Mulai dari hal-hal kecil, yang nantinya akan berdampak besar di kemudian hari. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Tips Cegah Neuropati yang Bisa Orang Tua Terapkan di Keluarga"