Waspadai Penyebab Serangan Jantung di Usia Muda

Asuransi Kesehatan

Akhir-akhir ini, penyebab serangan jantung di usia muda merupakan hal yang semakin sering dipertanyakan. Pasalnya, selama ini yang kita tahu salah satu faktor risiko yang paling memengaruhi seseorang terkena serangan jantung adalah penuaan.

Namun, saat ini bahkan seseorang yang masih berada di rentang usia 20-an bisa terkena serangan jantung. Untuk itulah, proteksi sejak dini menggunakan asuransi kesehatan menjadi begitu penting.

Berikut ini adalah beberapa penyebab serangan jantung di usia muda yang perlu kita waspadai. Simak baik-baik, ya! 

Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

Orang-orang di usia muda bisa terkena hipertensi karena pola makan yang tidak sehat. Apabila tidak segera dikendalikan, hipertensi akan menyebabkan jantung menjadi bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Hal ini tentu bisa menyebabkan otot jantung ventrikel kiri menebal atau biasa disebut hipertrofi ventrikel kiri, dan akan meningkatkan risiko serangan jantung di usia muda.

Kolesterol Tinggi

Banyaknya makanan cepat saji yang tinggi lemak jenuh dan garam, diperparah dengan pola hidup yang tidak sehat menjadikan kolesterol tinggi sering ditemui di kalangan usia muda. Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah akan menyebabkan penumpukan plak di dinding arteri.

Termasuk di dinding arteri koroner yang bertugas memasok darah ke jantung, yang menyebabkan pasokan darah ke jantung menjadi berkurang. Kondisi inilah yang mengakibatkan serangan jantung di suai muda. 

Diabetes

Kadar gula darah tinggi mampu merusak pembuluh darah dan juga sel-sel saraf di seluruh tubuh, termasuk di jantung. Hal ini mengakibatkan otot-otot jantung tidak mendapatkan pasokan darah dalam jumlah yang seharusnya, sehingga memiliki risiko terkena serangan jantung.

Penyebab orang terkena diabetes di usia muda umumnya karena resistensi insulin. Di mana, kondisi saat respons sel-sel tubuh terhadap insulin terganggu yang membuat sel-sel tersebut tidak bisa menggunakan gula darah dengan baik. 

Faktor Genetik

Banyak penyakit yang disebabkan karena faktor genetik di keluarga, seperti hipertensi, diabetes tipe 1, hiperkolesterolemia dan sebagainya. Semua ini bisa membuat seseorang memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung koroner sejak muda.

Apabila penyakit-penyakit tersebut tidak dikendalikan, maka risiko terjadinya serangan jantung pun akan meningkat.

Bagi yang masih berusia muda, perlu menghindari faktor-faktor penyebab serangan jantung dengan mengubah pola hidup. Selain itu, bisa dengan mengajukan asuransi kesehatan di PFI Mega Life.

Perusahaan asuransi ini akan memberikan proteksi secara maksimal dalam segi kesehatan maupun impian-impian jangka panjang kita. Informasi selengkapnya bisa dilihat di pfimegalife.co.id. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Waspadai Penyebab Serangan Jantung di Usia Muda"