Yuk Kenali Berbagai Manfaat MSG yang Jarang Diketahui

resep dengan ajinomoto

Apakah kamu sering mendengar ajinomoto di beberapa iklan? Aji-no-moto merupakan salah satu porduk MSG yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. MSG memang masih memiliki stigma negatif dari beberapa orang.

Padahal, banyak studi yang sudah membuktikan berbagai manfaat dari bahan penyedap makanan yang satu ini. Nah, agar kamu tidak salah paham, kamu bisa menyimak ulasan mengenai manfaat MSG yang belum banyak orang ketahui berikut ini! 

Mampu Merangsang Air Liur

Ketika kamu menambahkan MSG ke dalam makanan, maka air liur akan terangsang untuk terus terproduksi. Air liur ini berguna untuk membasahi makanan agar mudah terlumat dan mudah meluncur di tenggorokan. 

Mengurangi Konsumsi Garam

Masih banyak masyarakat yang menambahkan garam untuk meningkatkan cita rasa makanan. Beberapa orang percaya bahwa memberikan garam pada makanan jauh lebih baik dari menambahkan MSG.

Padahal, keduanya sama-sama mengandung natrium yang mampu memicu tekanan darah tinggi. Namun, kandungan natrium pada MSG lebih rendah daripada garam. 

Menjadi Salah Satu Zat Aditif yang Aman Untuk Konsumsi

Ada beberapa lembaga internasional seperti World Health Organisation (WHO) dan Food and Drug Administration (FDA) yang telah membuktikan keamanan dari MSG. Bahkan, penelitian mengenai MSG telah terlaksana sejak lebih dari 30 tahun lalu.

Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh konsumsi MSG bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, Food Standards Asustralia New Zealand (FSANZ) juga menyatakan bahwa konsumsi MSG aman untuk tubuh selama takarannya tidak berlebihan.

Meningkatkan Produksi Cairan Pada Lambung

Bagi orang yang memiliki gastritis atrofik, penambahan MSG pada makanan dapat membantu melancarkan sistem pencernaannya. Gastritis atrofik adalah penyakit peradangan di lambung yang terjadi karena lendir yang melapisi lambung mengalami kerusakan.

Oleh sebab itu, dinding lambung menjadi semakin tipis. MSG telah terbukti mampu meningkatkan produksi cairan pada lambung sehingga menurunkan risiko grastritis atrofik.

Meningkatkan Cita Rasa Pada Makanan

Bukan rahasia lagi jika MSG banyak termanfaatkan sebagai penambah cita rasa makanan. Dengan adanya MSG, rasa pada makanan akan lebih keluar dan semakin lezat.

MSG sendiri telah terbukti mampu membuat masakan menjadi lebih gurih. Tentunya, hal ini berbeda dengan garam yang mengeluarkan rasa asin. Bahkan, cita rasa dari MSG merupakan rasa kelima yang lebih terkenal dengan istilah umami.

Nah, sekarang kamu telah mengetahui bahwa penilaian negatif terhadap MSG dari masyarakat tidak sepenuhnya benar, ya! Faktanya, MSG mempunyai banyak manfaat jika kamu konsumsi dengan takaran yang sesuai batas wajar.

Maka dari itu, jangan lupa untuk menambahkan MSG ke dalam makanan agar cita rasa masakan lebih umami. Jika kamu bingung mau masak apa untuk hari ini, kamu bisa mengintip berbagai resep dengan ajinomoto dari Dapur Umami, lho. Yuk, kunjungi www.dapurumami.com dan mulai coba resep terbaiknya untuk keluarga!

Posting Komentar untuk "Yuk Kenali Berbagai Manfaat MSG yang Jarang Diketahui"