Tanda-Tanda Tumbuh Gigi Pada Si Kecil yang Wajib Bunda Pahami

Setiap orang tua harus mengetahui perkembangan bayi, terutama di usia keemasannya. Salah satunya yaitu dengan melihat tanda tumbuh gigi pada si kecil yang kerap kali membuat si bayi kurang merasa nyaman.

Ada beberapa tanda-tanda tumbuh gigi yang cukup mudah untuk diketahui. Memang saat mulai tumbuh gigi, biasanya bayi memberikan respon alami salah satunya yaitu jadi lebih rewel. 

Tanda Tumbuh Gigi Pada Bayi

Tumbuh gigi adalah salah satu tahap perkembangan bayi yang cukup normal. Namun biasanya diikuti dengan beberapa tanda-tanda yang membuat bayi kurang merasa nyaman. Berikut beberapa tanda-tandanya.

Menangis

Salah satu ciri yang bisa dilihat pada bayi yang mulai tumbuh gigi adalah suka menangis dan rewel. Alasannya karena memang proses pertumbuhan gigi bisa cukup menyakitkan untuk si kecil.

Adapun rasa sakit tersebut timbul karena jaringan gusi yang masih sangat rawan. Namun pada beberapa bayi tumbuh gigi hanya membuatnya bergumam kecil.

Suka Menggigit

Ketika bayi baru mulai tumbuh gigi, maka tekanan dari gusi akan cukup terasa. Jadi tidak heran mengapa bayi sering menggigit benda yang ada di sekitarnya.

Bahkan ketika proses menyusui bayi akan mulai belajar menggigit puting ketika rahangnya mulai menegang.

Gusi Membengkak

Tumbuh gigi pada bayi juga disertai dengan ciri gusi yang membengkak dan memerah. Jika bagian gusi yang membengkak, bisa terlihat maka berikan pijatan ringan dengan jari yang bersih.

Pijatan yang ringan ini dapat membuat bayi lebih nyaman. Lakukan pijatan lembut dengan tambahan kain yang sudah dibasahi menggunakan air dingin.

Susah Makan

Respon lainnya pada bayi ketika mulai tumbuh gigi adalah susah makan. Ini karena mulut bayi terasa tidak nyaman ketika terjadi pertumbuhan gigi.

Namun jika hal ini terjadi terus-menerus dan membuat bayi semakin rewel karena pertumbuhan giginya maka bisa hubungi dokter. Nanti Anda akan mendapatkan saran pengobatan yang aman.

Mengeces

Hal terakhir yang juga jadi ciri khas bayi saat tumbuh gigi adalah memproduksi air liur lebih banyak atau disebut dengan mengeces. Tidak hanya mengeces, ada beberapa bayi sering terjadi ruam merah di sekitar mulut, bagian dagu dan juga leher saat giginya mulai tumbuh.

Itu tadi beberapa tanda tumbuh gigi pada bayi yang sering terjadi. Karena saat tumbuh gigi bayi merasa tidak nyaman, pastikan pilih popok terbaik untuk mendukung kenyamanan baik. Pilihan popok yang bisa diandalkan untuk bayi adalah Merries. Karena popok dari merk ini sudah pasti kualitasnya bagus, dibuat dari bahan berkualitas dan juga anti iritasi. Untuk informasi produk Merries selengkapnya, bisa kunjungi : https://merries.co.id/.

Posting Komentar untuk "Tanda-Tanda Tumbuh Gigi Pada Si Kecil yang Wajib Bunda Pahami"