4 Keutamaan Wakaf Uang Bagi Generasi Z

Wakaf merupakan salah satu ibadah yang amalannya tidak akan terputus, bahkan setelah seseorang tersebut telah meninggal dunia. Istilah wakaf tentunya sudah tidak asing lagi bagi umat Islam. Wakaf juga sering disamakan dengan ibadah sedekah.

Biasanya, harta yang diwakafkan adalah sebuah tanah. Namun, kini kita juga bisa berwakaf menggunakan uang. Jadi, para generasi Z bisa melakukan wakaf harta sesuai dengan jumlah uang yang ada.

Wakaf juga memiliki dalilnya di dalam Al-Qur’an dan hadits. Dalil tersebut bertujuan untuk mendorong umat Islam mewakafkan hartanya di jalan kebaikan. 

Yuk Ketahui Keutamaan Wakaf

Manfaat wakaf tidak hanya bisa kita rasakan di dunia, namun nanti di kehidupan akhirat kita pun akan merasakan manfaatnya. Berikut ini adalah empat keutamaan wakaf uang bagi generasi Z agar lebih bersemangat dalam menebarkan kebaikan. Simak baik-baik, ya! 

Mendapatkan Amal Jariyah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, wakaf adalah ibadah yang amalannya tidak akan terputus bahkan sampai meninggal dunia. Singkatnya, pahala orang yang berwakaf akan terus mengalir selama hidupnya sampai ajal menjemput.

Hal ini telah dijelaskan dalam hadits riwayat Muslim yang berbunyi, “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau doa anak yang sholeh.” 

Mempererat Tali Persaudaraan

Wakaf harta ternyata juga bisa mempererat tali persaudaraan. Kenapa bisa? Wakaf harta bisa digunakan oleh masyarakat umum. Tentunya, hal ini akan mempererat tali persaudaraan, karena sama-sama bisa menikmati sarana dari wakaf tersebut. 

Membantu Pembangunan Negara

Harta yang diwakafkan biasanya digunakan untuk membangun sarana umum, seperti masjid, sekolah, fasilitas kesehatan dan lainnya. Sarana-sarana umum ini akan dinikmati oleh orang-orang yang membutuhkan, sehingga sangat berpengaruh dalam pembangunan negara. 

Membangun Jiwa Sosial Dalam Diri

Bukan hanya sedekah, mewakafkan harta benda pun menjadi salah satu sarana untuk membangun jiwa sosial yang ada dalam diri manusia. Dengan kita berwakaf, tentu akan meringankan beban orang yang lebih membutuhkan.

Itulah empat keutamaan wakaf yang bisa kita rasakan. Bagi generasi Z yang ingin berwakaf, bisa melakukannya melalui program WUBU (Wakaf Uang Berkah Umat) dari BSI Maslahat. Program ini bertujuan untuk menghimpun dana sedekah jariyah atau wakaf. Nilai pokok wakaf uang dari WUBU ini terjaga dan dikembangkan oleh instrumen syariah yang memberikan imbal hasil optimal.

Hasil pengembangannya nanti akan disalurkan kepada mauquf’alaih untuk program kemaslahatan umat, baik program sosial, kesehatan, pendidikan dan pemberdayaan ekonomi. Kunjungi bsimaslahat.org/wakaf untuk mulai berwakaf. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "4 Keutamaan Wakaf Uang Bagi Generasi Z"